Malam Lailatul Qadar – Mengenal Lebih Dalam tentang Malam Seribu Bulan

(Sumber Gambar: Freepik/Malam Lailatul Qadar)
(Sumber Gambar: Freepik/Malam Lailatul Qadar)
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRESS – Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Malam ini terkenal dengan julukan “malam seribu bulan” karena keutamaannya yang melebihi ribuan bulan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai malam Lailatul Qadar :

Merupakan malam yang sangat istimewa di bulan Ramadan. Malam ini merupakan malam yang penuh berkah dan keutamaan.

Baca Juga:5 Wisata yang Sepi Saat Lebaran di Sukabumi, Destinasi yang Menakjubkan3 Potret Abidzar Al-Ghifari Anak Ustadz Jefri Al-Buchori yang Beranjak Dewasa !

Sebagaimana firman Allah dalam Surat Al-Qadr (1-3), “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan, yang sangat dinantikan oleh oleh muslim seluruh dunia.

Merupakan malam di mana turunnya Al-Quran pertama kali dari Allah SWT ke Nabi Muhammad SAW. Malam ini terjadi di bulan Ramadan, tepatnya pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadan.

Namun, tanggal pastinya tidak diketahui dengan pasti. Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan.

Malam yang sering disebut dengan malam seribu bulan ini juga merupakan malam di mana pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup.

Selain itu, malam ini juga merupakan malam di mana doa-doa yang dilakukan akan lebih didengar oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, seperti membaca Al-Quran, shalat, berzikir, dan berdoa di malam seribu bulan ini.

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Baca Juga:Lembah Purba Sukabumi, Wisata Alam Tersembunyi yang MenakjubkanTips Memilih Tempat Wisata yang Tepat untuk Liburan Lebaran yang Berkesan

Artinya: “Siapa yang mengerjakan ibadah pada malam Qadar dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu”. (Hadits Shahih, riwayat al-Bukhari: 1768 dan Muslim: 1268)

Oleh karena itu, malam turunya Al-Qur’an ini merupakan kesempatan emas bagi umat Muslim untuk memperbanyak ibadah dan memohon ampunan dari Allah SWT.

Umat muslim di seluruh dunia sangat menantikan malam yang istimewa ini, karena moments yang begitu sangat spesial dan hanya ditemui pada saat bulan suci ramadhan.

malam yang sangat istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Semoga kita semua bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan mendapatkan keberkahan serta ampunan dari Allah (*).

0 Komentar