Siswa Bisa Lintas Jurusan di SNBT ITB, Berikut Ketentuannya

Siswa Bisa Lintas Jurusan di SNBT ITB, Berikut Ketentuannya
Siswa Bisa Lintas Jurusan di SNBT ITB, Berikut Ketentuannya. Sumber Foto: ANTARA/HO-Humas ITB.
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Siswa peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) boleh memilih program studi (prodi) lintas jurusan. Hal ini pun berlaku di Institut Teknologi Bandung (ITB), dan pihak kampus tersebut menjelaskan aturan serta ketentuan lintas jurusan di kampus mereka.

Perihal aturan dan ketentuan lintas jurusan di SNBT ITB disampaikan oleh Kepala Subdirektor Adminstrasi Penerimaan Mahasiswa ITB, Irvan Christiawan. Melalui video postingan di Instagram resmi ITB @itb1920, Irvan menjelaskan siswa bebas memilih prodi idamannya karena sudah tidak ada pembatasan dalam SNBT.

“Bila Anda adalah lulusan dari SMA IPS melalui jalur seleksi SNBT, Anda dapat memilih semua sekolah dan fakultas yang ditawarkan di ITB. Tidak ada pembatasan,” kata Irvan Christiawan dikutip dari unggahan akun @itb1920, Sabtu (15/4).

Baca Juga:Sebenarnya Hari Raya Idul Fitri Ada Berapa Hari?Walkot Bandung Yana Mulyana yang Di-OTT Sudah di KPK, Sedang Diperiksa Intensif

Baca juga: Simak, 4 PTN yang Gunakan Nilai UTBK 2023 pada Jalur Mandiri

Adapun untuk ketentuannya, para siswa peserta harus lulus dalam seleksi ujian tersebut. Irvan juga mengingatkan agar peserta lintas jurusan wajib menguasai bidang studi atau mata pelajaran pilihan mereka.

“Perlu diingat untuk diterima di salah satu fakultas atau sekolah di ITB, Anda harus lulus SNBT dan untuk melanjutkan studi di program studi tujuan Anda, tentu saja ada mata pelajaran atau bidang-bidang studi tertentu yang akan menjadi dasar atau persyaratan untuk dapat melanjutkan Pendidikan di program studi tersebut,” jelasnya.

Irvan Christiawan meminta para siswa yang lintas jurusan mempertimbangkan matang-matang pilihannya. Jangan sampai mereka memilih prodi yang mata pelajarannya tidak dikuasai. Dia pun mencotohkan, peserta SNBT asal jurusan IPA yang ingin mengambil prodi IPS di ITB macam Sekolah Bisnis dan Manajemen atau Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Mereka wajib memahami bidang studi atau bidang kajian utama yang ada dalam prodi pilihannya.

“Anda harus memahami bahwa pada kedua fakultas atau sekolah tersebut akan ada bidang studi bidang studi yang menjadi persyaratan atau bidang kajian utama dari program studi yang Anda tuju. Bidang studi tersebut sebaiknya sudah Anda kuasai sebelum melakukan pemilihan program studi,”ungkap Irvan.

0 Komentar