Lebaran Idul Fitri 2023 Akan Jatuh Pada Tanggal Berapa?

lebaran idul fitri 2023 jatuh pada tanggal berapa
Ilustrasi: Pixabay @chiplanay
0 Komentar

Selain mengumumkan pelaksanaan Sidang Isbat, Kamaruddin Amin juga menambahkan bahwa Kemenag akan melakukan pemantauan hilal di berbagai titik pada beberapa lokasi di Indonesia. Terdapat 123 titik pemantauan yang akan dilakukan oleh tim yang diturunkan oleh Kemenag.

Metode yang digunakan oleh Kemenag, yaitu Rukyatul Hilal atau berdasarkan perhitungan posisi bulan sabit muda. Untuk titik pantau Hilal terdapat di berbagai provinsi di Indonesia, dengan salah satu tempatnya yang merupakan Observatorium.

Selain mengamati hilal melalui Observatorium, Tim dari Kemenag juga memantau Hilal pada berbagai titik-titik lain, seperti Pantai atau di Universitas. Pengamatan Hilal akan dilakukan saat matahari terbenam.

Baca Juga:Masih Bingung Build Nilou? Berikut Tipsnya Biar MaksimalKerap Kali Berbuat Onar, Yudo Andreawan Telah Ditangkap oleh Polisi

Setelah pengamatan Hilal hasil Rukyatul Hilal dan Hisab akan dibahas pada Sidang Isbat untuk penentuan tanggal 1 Syawal 1444 Hijriah. Kemenag akan membagikan hasil Sidang Isbat melalui Konferensi Pers.

Saat ini, Bulan Ramadhan telah memasuki 10 hari terakhir, sebelum menuju Hari Raya Idul Fitri. Maka sebaiknya, sembari menunggu Hari Raya Idul Fitri, banyak banyaklah melakukan amalan serta ibadah untuk meraih kemenangan di Hari yang Fitri ini.*

0 Komentar