Lebaran Idul Fitri 2023 Akan Jatuh Pada Tanggal Berapa?

lebaran idul fitri 2023 jatuh pada tanggal berapa
Ilustrasi: Pixabay @chiplanay
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Menjelang akhir bulan Ramadhan, Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri seringkali jadi pertanyaan, yaitu akan jatuh pada tanggal berapa di tahun 2023 ini. Biasanya, Bulan Ramadhan memiliki durasi selama 29 hingga 30 hari menurut perhitungan kalender Hijriah.

Sama seperti menentukan awal Bulan Ramadhan, Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri juga ditentukan berdasarkan oleh perhitungan hilal untuk menentukan awal Bulan Syawal akan jatuh pada tanggal berapa pada tahun 2023. Biasanya, hilal mulai dilihat saat akan memasuki awal bulan baru dan sering dilihat menjelang Bulan Ramadhan, dan Bulan Syawal.

Hilal sendiri merupakan bulan sabit muda yang menjadi penentu awal bulan pada kalender Hijriah. Biasanya, Hilal diamati pada hari ke 29 pada kalender Hijriah.

Baca Juga:Masih Bingung Build Nilou? Berikut Tipsnya Biar MaksimalKerap Kali Berbuat Onar, Yudo Andreawan Telah Ditangkap oleh Polisi

Metode Menghitung Awal Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri

Terdapat dua metode dalam menghitung hilal, yaitu dengan metode Hisab dan metode Rukyat. Metode Rukyat, merupakan pengamatan terhadap bulan sabit muda yang dengan melihat menggunakan mata telanjang, ataupun melalui alat bantu seperti teleskop atau lainnya, baik seorang ataupun beberapa orang.

Sementara, untuk metode Hisab yaitu merupakan metode yang menggunakan perhitungan matematis berdasarkan perhitungan benda langit seperti bulan, matahari dan bumi. Dua metode tersebut sudah diterapkan oleh lembaga keagamaan di Indonesia sendiri, seperti Muhammadiyah yang menerapkan metode Hisab.

Pemerintah sendiri, menerapkan metode Rukyat yang merupakan perhitungan awal bulan berdasarkan penampakan bulan sabit muda yang menjadi pertanda awal bulan. Sama seperti perhitungan yang dilakukan di hari ke 29, biasanya perhitungan hilal dilihat pada h-2 atau h-1 Hari Raya Idul Fitri.

Untuk saat ini, berdasarkan kalender di tahun 2023, Hari Raya Idul Fitri sudah diperkirakan akan jatuh pada tanggal berapa, meskipun nantinya memungkinkan akan berubah lagi saat Sidang Isbat. Di kalender 2023, perkiraan Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada tanggal 22 hingga 23 April 2023.

Pelaksanaan Sidang Isbat Oleh Kemenag

Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag) telah menetapkan pelaksaan Sidang Isbat pada tanggal 20 April 2023 yang bertepatan pada tanggal 29 Ramadhan 1444 Hijriah. Penentuan Sidang Isbat telah diumumkan oleh Kamaruddin Amin, selaku Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementrian Agama pada Kamis (13/4) kemarin.

0 Komentar