Vitamin B Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan Mental

Jarang diketahui bahwa ternyata vitamin B ini memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan mental dan otak. Vitamin B ini bermanfaat untuk sistem saraf da fungsi otak. Ternyata nutrisi dari vitamin B ini sangat penting.
Sumber:pixabay
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES- Jarang diketahui bahwa ternyata vitamin B ini memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan mental dan otak. Vitamin B ini bermanfaat untuk sistem saraf da fungsi otak.

Ternyata vitamin ini memproduksi neurotransmitter yang menenangkan, termasuk serotonin. Dilansir dari halodoc.com yang telah di rangkum oleh sukabumi.jabarekspres, berikut penjelasan dan manfaat vitamin B bagi kesehatan mental.

4 manfaat vitamin B bagi kesehatan mental:

  1. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat dari vitamin ini yang pertama untuk kesehatan mental adalah meningkatkan fungsi otak. Perlu diketahui bahwa vitamin kompleks seperti vitamin B6, B9, dan B12 berkontribusi pada metabolisme homosistein. Hal ini dikabarkan dapat mengurangi resiko penurunan kognitif dan demensia.

Baca Juga:5 Rekomendasi Villa Untuk Liburan di BandungThe Idol Siap Tayang Juni Tahun Ini

Selain itu juga, otak yang sehat dpat memberikan kesadaran diri dan pengaturan emosi yang lebih baik. Beberapa dari manfaat tersebut tentunya berkaitan dengan ksehatan mental.

  1. Mengurangi gejala kecemasan

Asupan vitamin B6 dosis tinggi diketahui dapat mmbantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi bagi seseorang. Hal ini merujuk dari studi yang berjudul High-dose vitamin B6 supplementation reduces anxiety yang dipublikasikan pada tahun 2022.

Dalam studi tersebut berisikan peneliti memeriksa efek konsumsi vitamin B6 dan B12 dosis tinggi selama satu buan terhadap depresi dan kecemasan. Para peneliti mengatakan bahwa penemuan tersebut menunjukan bahwa vitamin tersebut khusunya memberikan nutrisi penting dalam berfungsinya pengaturan suasana hati.

Vitamin ini mampu mengurangi kecemasan yang dilaporkan sendiri pada peserta studi serta kecenderungan penurunan depresi. Sementara itu, vitamin B12 menghasilakn kecenderungan perubahan tingkat kecemasan dan depresi. Meski hasilnya menjanjikan, namun para peneliti mengkaui kalu studi mereka memiliki beberapa keterbatasan metodologis, sehingga penelitian ini harus memerlukan penelitian yang lebih lanjut.

  1. Meningkatkan suasana hati

Manfaat dari vitamin B selanjutnya untuk kesehatan mental adalah dapat meningkatkan suasana hati. Sebab vitamin ini secara spesifik terlibat dalam sintesis neurotransmiter yang terlibat dalam pengaturan suasana hati. Hal ini tentunya berkaitan erat dengan kondisi kesehatan mental. Sebab, semakin bagus suasa hati pada sesorang maka dirinya akan semakin memperhatikan kondisi kesehatan fisik dan mentalnya.

0 Komentar