Penentuan Tanggal 1 Syawal, Berikut Link Livestreaming Konferensi Pers Sidang Isbat 1444 H

livestreaming konferensi pers sidang isbat
Ilustrasi: Freepik @Sketchpedia
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Kementrian Agama akan segera melaksanakan Sidang Isbat yang akan dilaksanakan nanti malam, serta Kemenag menyiarkan livestreaming Konferensi Pers Sidang Isbat yang dapat ditonton nanti. Livestreaming atau siaran langsung tersebut yang akan dilaksanakan oleh Kemenag pada pukul 7 malam waktu indonesia barat pada hari ini (20/4).

Melalui website resmi Kemenag, hari ini akan dilaksanakan Sidang Isbat sebagai penentuan tanggal 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri. Sebelumnya, Kemenag telah menginformasikan mengenai beberapa titik pemantauan hilal yang telah tersebar di seluruh Indonesia.

Agenda Sidang Isbat akan dibuka terlebih dahulu dengan seminar mengenai posisi hilal yang telah dipantau di 123 titik yang tersebar di Indonesia. Penentuan posisi hilal nantinya akan diumumkan serta diberitahukan mengenai penetapan tanggal 1 Syawal yang akan jatuh pada tanggal berapa.

Baca Juga:Berikut Titik Lokasi Pemantauan Hilal Oleh Kemenag di Pulau JawaSimak Tata Cara dan Panduan Shalat Gerhana Matahari

Sebelum melaksanakan sidang sibat, Kemenag terlebih dahulu melakukan pemantauan hilal yang akan dilakukan oleh tim pada 123 titik yang tersebar di Indonesia. Pemantauan ini dilakukan di seluruh Indonesia, untuk menentukan penanggalan 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada tanggal berapa.

Penentuan tanggal 1 Syawal sendiri menggunakan metode rukyatul hilal atau berdasarkan pemantauan posisi hilal saat petang menjelang matahari terbenam. Pemantauan posisi ini dapat dilakukan dengan menggunakan mata telanjang atau alat bantu seperti teleskop atau alat bantu astronomi lainnya.

Sebelumnya, Muhammadiyah telah menetapkan tanggal 1 Syawal akan jatuh pada tanggal 21 April 2023, yang bisa dibilang berbeda dengan penetapan awal 1 Syawal yang dilakukan oleh pemerintah dan NU. Perbedaan tersebut dikarenakan Muhammadiyah menggunakan metode perhitungan yang berbeda, yaitu menggunakan metode hisab yang berdasarkan perhitungan kalender berdasarkan posisi astronomi bulan tanpa melihat penampakannya secara langsung.

Untuk menonton livestreaming Konferensi Pers Sidang Isbat, anda dapat menontonnya melalui kanal resmi Youtube Kemenag dengan klik link berikut ini.*

0 Komentar