Terapkan Material Daur Ulang, Ambisi Apple Hasilkan Produk Netral Karbon

Terapkan Material Daur Ulang, Ambisi Apple Hasilkan Produk Netral Karbon
Perusahaan pengemban industri teknologi Apple, telah mengumumkan komitmennya dalam segala aktivitas produksi dengan menggunakan material daur ulang. Khususnya pada perangkat teknologi seperti iPhone, Macbook, serta produk lainnya.
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Perusahaan pengemban industri teknologi Apple, telah mengumumkan komitmennya dalam segala aktivitas produksi dengan menggunakan material daur ulang. Khususnya pada perangkat teknologi seperti iPhone, Macbook, serta produk lainnya.

Pasalnya agenda tersebut ditargetkan dapat tercipta di tahun 2025 yang akan datang, rencanyanya 100% penggunaan kobalt daur ulang akan diterapkan pada seluruh produksi baterai.

Kandungan unsur tanah jarang yang sepenuhnya dapat di daur ulang juga akan dilakukan dalam proses produksi magnet pada setiap perangkat Apple. Bahan lainnya yang akan digunakan seperti timah solderan, dan lapisan emas yang dapat di daur ulang, diterapkan juga pada perancangan papan sirkuit perangkat.

Baca Juga:Rilis Bersama Nokia Magic Max, Nokia C99 Tawarkan Performa Terbaiknya!Nokia X50 Pro 5G atau Nokia N73 5G? Simak Perbandingan Spesifikasi dan Harganya!

Perencanaan tersebut merupakan sebuah inovasi yang sedang atau akan diwujudkan oleh Apple di masa mendatang. Vice President of Environmnet, Policy, and Social Initiatives Apple, Lisa Jackson menuturkan program material daur ulang ini merupakan langkah untuk menghasilkan produk netral karbon.

“Kami bekerja untuk mencapai kedua tujuan tersebut dengan urgensi dan memajukan inovasi di seluruh industri kami dalam prosesnya,” ujar Lisa melalui keterangan resmi Apple, Cnet, Sabtu, 15 April 2023.

Sebenarnya pihak Apple sudah melakukan program material daur ulang sejak tahun lalu secara bertahap. Seperti penggunaan kobalt pada perangkat Apple hampir keseluruhan merupakan hasil proses daur ulang.

Penggunaan bahan material seperti tanah jarang tumbuh dari 45% menjadi 73% dari tahun 2021 sampai dengan 2022 lalu. Sebuah langkah maju bagi Apple untuk dapat merealisasikan urgensinya terhadap dampak lingkungan hidup.

Di tahun lalu, Apple juga sudah menggunakan timah daur ulang dalam proses produksinya mencakup 38% dari keseluruhan penerapan program daur ulang yang terdapat pada setiap perangkat.

Tidak ada keterangan lebih lanjut terkait penggunaan bahan lapisan emas daur ulang, namun saat ini pihaknya mengumumkan penggunaan logam daur ulang pada logic board utama iPhone 13, juga iPhone 14 telah mengandung atau dilakukan penerapannya.

Penghilangan material plastik pada produksi kemasan perangkat Apple juga akan dilakukan pengurangan, hal tersebut ditargetkan akan tercipta di tahun 2025 yang akan datang. Saat ini, 4% dari seluruh kemasan perangkat Apple masih menggunakan bahan material plastik.

0 Komentar