Menko PMK Prediksi Arus Balik Lebaran Terjadi 24 dan 25 April

Menko PMK Prediksi Arus Balik Lebaran Terjadi 24 dan 25 April
Ilustrasi Arus Mudik di Jalan Tol
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy memprediksi puncak arus balik mudik lebaran 2023 akan terjadi pada Senin, 24 April 2023.

Muhadjir menyampaikan bahwa bagi para pemudik yang tidak mempunyai urusan yang mendesak, lebih baik menunda kembali ke Jakarta, untuk menghindari kemacetan yang membludak.

“Perlu dilakukan sosialisasi secara masif agar masyarakat terutama yang tidak terburu, urusannya yang tidak terlalu mendesak untuk segera kembali bisa menunda jadwal kembali ke Jakarta, yaitu antara tanggal 26-30 April 2023,” kata Muhadjir kepada wartawan, Minggu (23/4/2023).

Baca Juga:Resep Mudah Membuat Bola Ubi Kopong Anti GagalNokia N73 5G, Kandidat HP Canggih dan Termahal Dari Nokia

Melihat dari hasil prediksi, Muhadjir menyampaikan akan ada 203 ribu kendaraan yang akan kembali ke Jakarta pada puncak arus balik mudik lebaran di tanggal 24 dan 25 April. Walaupun tidak ada larangan bagi pemudik yang ingin kembali di tanggal tersebut karena adanya urusan mendesak, tetapi Ia ingin masyarakat untuk mengantisipasinya.

Muhadjir juga menyampaikan bahwa pemerintah telah menyiapkan diskon tarif tol Semarang – Jakarta sebesar 20 persen bagi pemudik yang kembali ke Jakarta pada 27 hingga 29 April pukul 06.00 WIB. Promosi ini bertujuan menjadi upaya untuk memecah kepadatan arus.

“Jadi mereka yang mudik antara tanggal 27 sampai 29 April yang menggunakan fasilitas jalan tol dari arah Semarang ke Jakarta di semua ruas itu akan mendapatkan potongan 20 persen,” terangnya.

Tak hanya tarif tol saja yang mendapatkan diskon. Pesawat juga diberikan potongan atau diskon bagi para pemudik pada tanggal 26-29 April 2023.

“Bapak Menhub (Budi Karya Sumadi) telah meminta Garuda, Citilink, Lion Grup untuk memberikan diskon pada 26 sampai 29 April 2023 untuk mendorong pemudik kembali ke Jakarta pada tanggal-tanggal tersebut,” bebernya.

0 Komentar