Kota Sukabumi Pertama di Jabar Gelar Kick Off UMKM Juara

Kota Sukabumi Pertama di Jabar Gelar Kick Off UMKM Juara
0 Komentar

JL AHMAD YANI,SUKABUMIEKSPRES – Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melakukan kick off UMKM Juara Kota Sukabumi 2023 di Aula bank bjb Cabang Sukabumi, Rabu (3/5). Dari kegiatan itu diharapkan bisa mendorong UMKM naik kelas dengan fokus kepada legalitas usaha, literasi keuangan, digitalisasi, akses permodalan, dan pemasaran.

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Jabar Kusmana Hartadji, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi Agus Wawan Gunawan, dan Koordinator Pendamping UMKM Juara Kota Sukabumi, Sri Puji Rahayu.

UMKM Juara salah satu program unggulan Gubernur Jawa Barat untuk dapat tumbuh dan berkembang sehingga bisa naik kelas,” ujar Fahmi.

Baca Juga:Gegara Makan Bakso, Uang Ratusan Juta RaibBenarkan Pertemuan Cak Imin, SBY, dan AHY, Demokrat: Halal Bihalal dan Bahas Isu Kebangsaan

Konsep UMKM Juara, kata Fahmi, sebetulnya tak jauh beda dengan Sukabumi Kece atau Sukabumi Kelurahan Entrepreneurship Center yang menjadi program unggulan Pemkot Sukabumi.

Fahmi menuturkan implementasi UMKM Juara ada upaya penguatan diri dan manajemen usaha, akses pernodalan, akses pasar, dan pendampingan serta pelatihan. Intinya ada langkah kolaborasi antarunsur Pentahelix termasuk dalam penguatan UMKM.

“Untuk penguatan UMKM di Kota Sukabumi sudah kami sediakan space Titik Juara di Lapang Merdeka sebagai etalase produk UMKM Juara. Hal ini sebagai bentuk komitmen agar hasil produk makin bagus,” sebutnya.

Berkembangnya UMKM tentu tak bisa dilepaskan dari perkembangan teknologi saat ini. Telepon genggam harus jadi alat produksi bukan lagi alat komunikasi.

Salah satunya sistem pembayaran yang harus diadaptasi para pelaku UMKM ialah yang semula cash jadi cashless. Kedua, penting memiliki legalitas usaha seperti NIB, PIRT, sertifilat halal, dan laik higiene agar para pelaku UMKM bisa naik kelas.

“Selama tahun ini kami fokus pada kegiatan pendampingan legalitas usaha, literasi keuangan, digitalisasi, akses permodalan, dan pemasaran. Butuh kolaborasi semua pihak yntuk memperkuat UMKM di Kota Sukabumi,” pungkasnya.

Kepala Diskuk Jabar Kusmana Hartadji mengatakan Kota Sukabumi merupakan daerah pertama yang melaksanakan kick off UMKM Juara tahun ini. Hal itu tentu menunjukkan keseriusan Pemkot Sukabumi mendorong UMKM naik kelas.

0 Komentar