Ciptakan Aplikasi Penerjamah Tangis Bayi, Dosen IPB Bantu Kalangan Para Ibu

Ciptakan Aplikasi Penerjamah Tangis Bayi, Dosen IPB Bantu Kalangan Para Ibu
Madsaz aplikasi penerjemah tangis bayi, diciptakan Medhanita Dewi Renanti seorang dosen Manajemen Informatika Sekolah Vokasi IPB. (ANTARA)
0 Komentar

Berbicara tentang efektifitas, aplikasi Madsaz memiliki tingkat akurasi penerjemahan sebesar 94 persen. Dapat dikatakan bahwa aplikasi ini memiliki kemampuan untuk menangkap juga mengenali tangisan bayi dengan baik.

Namun memang aplikasi ini dinilai dapat bekerja lebih efektif jika digunakan kepada bayi dengan rentang usia 0 sampai 3 bulan. Hal ini terjadi berkaitan dengan kepentingan akan proses pengembangan anak.

“Aplikasi besutannya efektif digunakan pada bayi berusia 0 hingga 3 bulan. Pada bayi di atas usia tersebut, aplikasi ini masih tetap bisa digunakan, hanya saja tingkat akurasinya tidak setinggi pada bayi di rentang usia tersebut,” jelas Medhanita.

Baca Juga:MUI Sukabumi Ajukan Pengamanan, Pasca Penembakan di MUI Pusat!Bos Kontraktor ‘Bro Ron’ Kritik Menteri BUMN, Usai Tertangkapnya Dirut PT Waskita Karya

Dari segi kemampuan, Madsaz dapat mendeteksi 5 jenis tangisan beserta artinya melalui frekuensi suara yang dimunculkan. Pertama tangis yang diartikan sebagai pertanda rasa lapar pada bayi, mengantuk, bersendawa, kembung, sampai tangis atas ketidak nyamanan.

Penggunaan dari aplikasi ini dilakukan melalui media perekam, dilengkapi pengaturan batas waktu dengan jangka yang telah ditentukan.

Setelah perekaman selesai, aplikasi akan memberikan sebuah intruksi dari hasil penerjemahannya yang dapat membantu orang tua untuk memahami apa yang dibutuhkan oleh sang bayi.(*)

 

0 Komentar