Marwan Dorong Lahirnya Desa Mandiri

Marwan Dorong Lahirnya Desa Mandiri
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Bupati Sukabumi Marwan Hamami membuka kursus mahir dasar (KMD) kepramukaan Majelis Pembimbing Desa  tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2023 di Grand Yustik, Selabintana, Selasa, (20/6). Kegiatan yang diikuti kepala desa ini, akan dilaksanakan dari 20-25 Juni 2023.

BACA JUGA: Target Masuk 5 Besar Lomba Pramuka Penggalang Tingkat Jabar

Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat  47 kepala desa yang mengikuti kegiatan KMD tersebut. Mereka merupakan desa perwakilan dari 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi. 

Berkaitan kegiatan tersebut, H. Marwan sangat mengapresiasi. Sebab, kegiatan ini diyakini bisa mendorong lahirnya desa mandiri lewat dasar kepramukaan sebagai pondasinya.

Baca Juga:Kasus Kekerasan Terhadap Buruh Migran Mendapat Sorotan dari BupatiPemkab dan BPJS Ketenagakerjaan Bahas Perluasan Kepesertaan

“KMD bagi para kades ini akan sangat bermakna dalam melakukan perubahan,” ujarnya.

Apalagi, ketika para kades ini benar-benar mengamalkan dasa dharma Pramuka. Sebab, dasa dharma itu, menyangkut prinsip dan nilai nilai kehidupan.

BACA JUGA: Kasus Kekerasan Terhadap Buruh Migran Mendapat Sorotan dari Bupati

“Para kades harus bisa memahami dan menghayati prinsip dasa dharma dalam kehidupan,” ucapnya.

Tak hanya itu saja, H. Marwan meminta ilmu yang didapat dari hasil KMD ini, bisa dibagikan kepada kades lainnya. Sehingga, seluruh desa di Kabupaten Sukabumi memahami kepramukaan. 

“Kali ini mungkin baru sebagian kepala desa, secara berjalan mudah-mudahan semua desa bisa mengikuti KMD. Sehingga, nilai kepramukaan dijadikan pondasi di seluruh desa di Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman menambahkan, organisasi yang dipimpinnya selalu berperan aktif dalam membangun karakter generasi muda yang positif. Apalagi, Pramuka merupakan organisasi yang solid dan selalu berperan di seluruh tatanan kehidupan. 

Baca Juga:5 Tips Packing Barang Elektronik Rumah Tangga yang AmanRatusan Pelaku UMKM Dilatih Literasi Digital

“Pramuka selalu terdepan dalam berbagai kegiatan. Karakter ini pun harus ada di para kepala desa,” harapnya.

BACA JUGA: Gerakan Pramuka Mampu Mencetak Kaum Muda Berkarakter

Ketua Panitia KMD kepramukaan Majelis Pembimbing  Desa  tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2023 Budianto menambahkan, kegiatan ini untuk membentuk kader bangsa yang beriman dan bertakwa, serta berwawasan ilmu dan teknologi. Selain itu, menumbuhkan sikap perilaku positif. 

“Di sini pun akan didik terkait kecakapan, mental, serta fisik para kepala desa,” pungkasnya. (IST)

0 Komentar