Dana P2RW Dimanfaatkan Perbaiki Drainase

Dana P2RW Dimanfaatkan Perbaiki Drainase
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Perbaikan drainase menjadi salah satu pemanfaatan Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) di Kelurahan Gedongpanjang Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi. Terutama di wilayah RW 02 dan RW 03.

Kepala Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Kelurahan Gedongpanjang, Tati, menerangkan secara umum pelaksanaan pembangunan sarana prasarana bagi masyarakat dengan memanfaatkan P2RW di wilayahnya telah mencapai 95 persen dari target.

Kelancaran berbagai pembangunan tersebut disokong pula dana swadaya masyarakat yang jika ditotalkan.

Baca Juga:Akhiri Hidup di Jembatan Merah CinumpangEks Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Resmi Ditahan KPK

“Dana swadaya yang dikumpulkan dari masyarakat di seluruh RW totalnya mencapai Rp30 juta,” kata Tati, selasa (11/7).

Ketua RW 03, Jujun, menjelaskan dibangunnya drainase sepanjang 400 meter sebagai pemanfaatan P2RW karena sebelumnya air sering menggenangi jalan. Kondisi itu akibat drainase yang tidak berfungsi dengan baik. Ia pun menerangkan pembangunan ini tidak terlepas dari gotong royong bersama masyarakat.

“Drainase kita alhamdulillah pengajuannya di sini 400 meter. Tapi karena masyarakat ingin baik semua, ada penambahan 80 meter. Biaya penambahannya berasal dari swadaya masyarakat,” kata Jujun.

Sementara Ketua RW 02, Lilis Trisnawati, menjelaskan selain drainase, P2RW dimanfaatkan pula untuk mengaspal jalan sepanjang 170,2 meter. Masyarakat setempat membantu seluruh proses pembangunan diantaranya dengan penyediaan lahan dan material.

“Dana swadaya tanah seluas 50×33 meter, kemudian pipa dua batang untuk gorong–gorong dengan konstruksi dan ada swadaya masyarakat yang bisa kami terapkan untuk perbaikan MCK,” katanya.

Adapun Ketua RW 06, Uce, mengatakan bahwa P2RW tahun ini dimanfaatkan untuk rabat beton jalan sepanjang 162 meter dan penataan lingkungan. (ist)

0 Komentar