Penambahan Armada Diharapkan Solusi Atasi Masalah Sampah

Penambahan Armada Diharapkan Solusi Atasi Masalah Sampah
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES– Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi mendapat bantuan lima unit truk sampah dari Pemprov Jabar. Penambahan armada itu diharapkan bisa atasi masalah sampah.

“Tentu, penambahan armada ini akan sangat membantu atasi masalah sampah. Kami akan maksimalkan pemanfaatannya,” kata
Kepala Bidang Pengelolaan Sampah 5B3 DLH Kota Sukabumi, Arlan Paranti Rivai, kepada wartawan, belum lama ini.

Keberadaan armada hanya merupakan faktor pendukung. Lebih dari itu, kata Arlan, faktor utama soal sampah adalah kesadaran masyarakat.

Baca Juga:Kelurahan jadi Ujung Tombak Cegah Perdagangan OrangPenyelesaian Tol Bocimi Seksi 2 Komitmen Dukung PSN

“Terutama mengolah dan mengelola sampah. Jadi, sampah yang dibuang ke TPA adalah sisa setelah diolah terlebih dulu masyarakat,” tegasnya.

Arlan menjelaskan, dari lima armada Banprov Jabar itu, empat unit merupakan dump truck dan satu unit truk armroll.

Empat unit truk dump truck akan digunakan untuk menambah rute pengangkutan sampah. Rencananya, rute baru akan mencakup Jalan Lingkar Selatan yang saat ini belum terlayani.

“Namun penambahan rute tidak hanya melibatkan kendaraan saja, tetapi juga memerlukan dukungan sopir dan kru,” terangnya.

Anggaran operasional penambahan rute akan diajukan tahun depan karena saat ini beberapa kendaraan masih dalam proses perbaikan. Karena itu, mobil-mobil baru yang diterima akan digunakan untuk menggantikan kendaraan yang sedang diperbaiki.

Sementara satu unit truk armroll direncanakan untuk penanganan sampah di pusat Kota Sukabumi dengan fokus di Kecamatan Cikole.

Alasan diprioritaskan kecamatan ini karena terdapat cukup banyak kawasan perumahan.

Arlan berencana mengumpulkan dan mengoordinasikan dengan aparat wilayah serta kepala RT/RW di Kecamatan Cikole. (ist/plt)

0 Komentar