FKUB Harus Ciptakan Iklim Kondusif dan Aman pada Tahun Politik

FKUB Harus Ciptakan Iklim Kondusif dan Aman pada Tahun Politik
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES– Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami membuka dialog interaktif lintas agama sekaligus mengukuhkan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) periode 2023–2027, Selasa (18/7).

Acara yang diadakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Sukabumi itu mengangkat tema ‘Era Pemilu 2024 yang Aman, Rukun, dan Damai’. Kegiatannya diikuti para pemuka agama dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Andri menyampaikan di tengah tantangan globalisasi di berbagai dimensi rasa kebersamaan, solidaritas, serta toleransi umat beragama perlu ditingkatkan agar tercipta persatuan dan terhindar dari sikap saling  menyalahkan.

Baca Juga:Ratusan Siswa di Kota Sukabumi Deklarasikan Anti Kekerasan di Hari Pertama SekolahKadisdik Kota Sukabumi, Hasan Asari : Saya Pastikan tak Ada Pelajar yang Putus Sekolah Tahun Ini

Kekompakan dan kebersamaan Forum Kerukunan Umat Beragama FKUB menjadi sesuatu yang penting karena akan mencerminkan kondisi masyarakat terutama pada tahun politik.

“Kebersamaan dan kekompakan merupakan cerminan bagaimana kita menyikapi perbedaan tidak menjadi satu konflik. Tapi perbedaan itu menjadi berkah pada tahun politik. Dimulai dari FKUB, kalau dari pemahaman ideologi sudah kompak, masyarakat pun akan mengikuti,” katanya.

Kepala Bakesbangpol Kota Sukabumi, Yudi Yustiawan, menerangkan FKUB sebagai mitra Bakesbangpol memiliki peran untuk mensinergikan dan menyelaraskan segala hal yang berkaitan dengan kehidupan umat beragama.

“FKUB sebagai mitra Bakesbangpol memiliki posisi strategis dalam menjaga kerukunan umat beragama. FKUB memiliki peran mensinergikan dan menyelaraskan segala hal yang berkaitan dengan kehidupan umat beragama. Sehingga dengan aktifnya FKUB yang kita miliki, kerukunan umat beragama bisa terjaga. Potensi konflik pun bisa kita redam,” jelasnya.

Ia menerangkan dialog ini merupakan tahap awal dari program yang akan dilaksanakan oleh FKUB dengan tujuan akhir adalah menyamakan pola pikir dalam upaya menciptakan Pemilu yang aman dan kondusif.

“Output nanti yang akan dihasilkan adalah mindset yang sama, bagaimana FKUB, pemerintah, TNI, dan Polri, menjaga Pemilu 2024 dalam suasana yang aman dan kondusif. Pesta demokrasi satu hal yang besar, harus kita sukseskan bersama,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar