Bencana Terus Bertambah

Bencana Terus Bertambah
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Jumlah kejadian bencana di Kota Sukabumi terus bertambah. Memasuki bulan ke-7 tahun ini, jumlahnya sebanyak 81 kali bencana yang tersebar di tujuh kecamatan.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, menyebutkan data tersebut berdasarkan Sistem Informasi Elektronik Data Bencana (Si Edan) yang dihimpun BPBD Kota Sukabumi. Selama periode Januari-Juli, terjadi 81 kali bencana.

“Bencana masih didominasi tanah longsor. Berdasarkan data, selama tujuh bulan terjadi 26 kali tanah longsor,” kata Zulkarnain dalam keterangannya, kemarin (3/8).

Baca Juga:Siswa SDN Kebon Kawung jadi Andalan pada O2SNPelaksanaan P2RW di Kebonjati Hampir Selesai

Bencana lainnya yakni cuaca Ekstrem sebanyak 22 kali, banjir 8 kali, kebakaran 20 kali, dan puting beliung 5 kali. Khusus selama Juli, kata Zulkarnain, terjadi 8 kali bencana.

“Selama Juli yang paling banyak kejadian itu kebakaran. Ada sebanyak enam kali kejadian. Mungkin ini dipengaruhi
anomali cuaca karena memasuki puncak musim kemarau,” jelasnya.

Secara umum, dari 81 kali bencana, pada Maret merupakan jumlah terbanyak dibanding bulan lainnya. Terdapat sebanyak 25 kasus kejadian bencana pada bulan itu.

Selanjutnya pada Februari sebanyak 16 kasus, Mei 11 kasus, Juni 10 kasus, Juli 8 kasus, Januari sebanyak 1 kasus.

Terdapat beberapa wilayah yang cukup rawan terjadi bencana. Di antaranya di Kecamatan Cikole, dari 19 kali kejadian bencana di daerah itu, sebanyak 10 kasus terjadi di Kelurahan Cisarua.

Sedangkan di Kecamatan Citamiang, dari 15 kali bencana, sebanyak 4 kasus masing-masing terjadi di Kelurahan Gedongpanjang dan Nanggeleng.

Di Kecamatan Gunungpuyuh, dari 12 kasus, sebanyak 4 di antaranya terjadi di Kelurahan Karangtengah, di Kecamatan Baros dari 11 kasus, 4 di antara terjadi di Kelurahan Jayaraksa, di Kecamatan Warudoyong dari 9 kasus, 4 kali terjadi di Kelurahan Sukakarya, di Kecamatan Lembursitu dari 10 kasus, 4 kali terjadi di Kelurahan Situmekar, dan di Kecamatan Cibeureum dari 5 kasus, 3 kali terjadi di Kelurahan Babakan. (ist)

0 Komentar