Tuntaskan Pembangunan Kelurahan Sport Center

Tuntaskan Pembangunan Kelurahan Sport Center
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Kepala Bidang Olahraga Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi, Ganjar Ramdani Saputra, menjelaskan saat ini di Kota Sukabumi telah dibangun 29 Kelurahan Sport Centre.

Pembangunan itu merupakan salah satu program unggulan wali kota dan wakil wali kota pada bidang olahraga.

Ia menerangkan bahwa Kelurahan Sport Centre atau dikenal pula dengan Lapang Renyah ditargetkan dapat terbangun di setiap kelurahan.

Baca Juga:Antisipasi PKL Nakal, Satpol PP Ketatkan PengawasanDishub Gercep Tangani Ratusan PJU Rusak

Namun saat ini masih terdapat empat wilayah yaitu Kelurahan Citamiang, Gunungparang, Karamat, dan Nyomplong yang belum memiliki fasilitas tersebut karena terkendala ketersediaan lahan.

“Empat lokasi yang belum terbangun karena terkendala lahan pemerintah yang belum tersedia. Kita sudah beberapa kali diskusi dengan kelurahan, jika ada tanah fasum atau fasos yang dihibahkan kepada pemerintah maka kita bisa bangun. Namun sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut,” kata Ganjar dikutip dari laman website Pemkot Sukabumi, kemarin (31/8).

Sedangkan ketika ditanya terkait perawatan Lapang Renyah, ia menerangkan bahwa setelah terbangun dan diserahterimakan baik kepada kecamatan maupun kelurahan. Sehingga kewenangan pemeliharaan menjadi tanggung jawab mereka.

“Kita kembalikan lagi pada pengguna. Artinya, beberapa lapang renyah yang sudah terbangun kita sudah alih kepemilikan ke pihak kelurahan dan kecamatan, itu menjadi kewenangan mereka,” terangnya.

Ia melanjutkan dengan status Lapang Renyah yang telah diserahterimakan maka pihak kecamatan dan kelurahan pun bisa mengajukan anggaran untuk melakukan pemeliharaan.

“Pemeliharaan memang sudah tidak ada pada kita. Jadi pada saat dibangun tahun ini, tahun depan pemeliharaan sudah tidak ada pada kita. Ada beberapa diskusi dengan kecamatan dan kelurahan yang tidak memiliki dana pemeliharaan. Tapi karena sudah diserahkan kepada wilayah, mereka bisa mengajukan untuk pemeliharaan. Beberapa Lapang Renyah sudah kembali menarik penampilannya, bahkan melebihi ketika dibangun, dalam artian pemeliharaannya sangat baik.” pungkasnya. (ist)

0 Komentar