Wali Kota Sukabumi Dorong Bangkitnya Industri Film

Wali Kota Sukabumi Dorong Bangkitnya Industri Film
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Wali Kota Sukabumi Dorong Bangkitnya Industri Film, Pelatihan Keterampilan Kerja Sinematografi bagi Pemuda Sukabumi Angkatan II Tahun 2023 digelar Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi di Hotel Balcony, Kamis (31/8).

Program pengembangan kapasitas daya saing kepemudaan ini dibuka langsung Wali Kota Sukabumi Achmad dan didampingi Kepala Disporapar Kota Sukabumi Tejo Condro Nugroho. 

BACA JUGA: Pemkab Sukabumi Terus Berupaya Tingkatkan Ketahanan Pangan

”Kegiatan ini angkatan kedua sebagai salah satu wujud lakukan pembinaan dan ekplore kemampuan berbasiskan anggaran dari pemerintah pusat,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Baca Juga:Pemkot Salurkan Bantuan Perbaikan Rumah Terdampak kepada 30 KKPemkab Sukabumi Terus Berupaya Tingkatkan Ketahanan Pangan

Yakni dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Ia mengatakan ke depan generasi muda akan menghadapi tiga hal yakni Ekonomi digital, ekonomi kreatif, dan ekonomi hijau. 

Pertama ekonomi digital, hari ini tidak bisa lepas dari digitalisasi yakni penggunaan teknologi. Kedua ekonomi kreatif yakni Sinematografi bagian Subsektor ekonomi kreatif yang bertahan di era pandemi adalah ekonomi kreatif.

BACA JUGA: Pemkot Salurkan Bantuan Perbaikan Rumah Terdampak kepada 30 KK

Ekonomi kreatif dengan jadi sutradara, penulis muda, penulis naskah dan editor muda film. Terakhir ekonomi hijau harus ditumbuhkan. Pemerintah mendorong kendaraan hybrid dan listrik dan membuka ruang terbuka hijau.

Fahmi juga menekankan, peran penting film di era kemajuan teknologi informasi yakni hiburan, inspirasi, dan wirausaha. Sehingga film menyimpan peluang bisnis yang potensial.

Fahmi mengatakan, penonton film di bioskop mulai meningkat pasca pandemi 2022 dan 2023. Kini, industri film diminati tidak hanya di bioskop tapi di media lain.

Dalam momen ini ada tiga hal pelatihan yakni pertama pra produksi, produksi dan pasca produksi.

” Pelatihan sinematografi ini membedah naskah film, syutikg, editing, proses produksi mulai pra dan pasca produksi,” ungkap Fahmi. Mari buat bangga dan membahagiakan warga dengan bangkitkan potensi pemuda.

BACA JUGA: Turnamen Layangan Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Baca Juga:UMKM Sukabumi Tembus IEC 23Puluhan Bakal Calon Kades Ikut Ujikom

Kepala Bidang Kepemudaaan Disporapar Kota Sukabumi Sulaeman mengatakan, pelatihan ini upaya mengembangkan bakat dan minat generasj muda dalam perfilman. Kelanjutan keberhasilan sinematografi angkatan pertama lalu.

0 Komentar