Teken Kerja Sama Pereplikasi Unit Saber Hoaks Daerah

Teken Kerja Sama Pereplikasi Unit Saber Hoaks Daerah
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Ika Mardiah, menghadiri acara penandatanganan perjanjian kerja sama pereplikasian Unit Saber Hoaks Daerah yang digelar di Hotel De Paviljoen Kota Bandung, Sabtu (2/9).

Penandatanganan perjanjian kerja sama pereplikasian Unit Saber Hoaks Daerah dilakukan antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kota Sukabumi dan Kota Depok.

Ika menuturkan, pihaknya terus berkomitmen untuk memberikan asupan literasi digital kepada masyarakat, khususnya masyarakat di Jawa Barat.

Baca Juga:Raih JDIH Award, Kota Sukabumi TerfavoritKemarau Panjang Picu Naiknya Harga Beras

“Hoaks itu bagian dari dunia literasi. Namun dampaknya bisa sangat besar dan berbahaya,” tegas Ika.Ke depan sambung Ika, lingkup pekerjaan sepertinya akan meluas, seperti penanganan terkait judi online, prostitusi online, pinjaman online, dan kejahatan maya lainnya.

“Kalau mereka tidak dilawan maka negara akan kalah,” ucap Ika.

Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, mengaku senang dan bangga telah jadi bagian dalam momentum penandatanganan perjanjian kerja sama replikasi Unit Saber Hoaks saat ini.

“Kami sangat senang dengan adanya kerjasama pemberantasan hoaks ini,” ucap Rahmat.

Rahmat mengatakan, dirinya optimistis kerja sama ini akan meningkatkan kinerja dalam penanganan hoaks di Kota Sukabumi. Selain penandatanganan perjanjian kerja sama pereplikasian unit saber hoaks daerah, pada kesempatan yang sama, juga dilakukan deklarasi bersama penanggulangan hoaks melalui upaya penguatan literasi digital.

Deklarasi bersama diikuti Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Kota Kupang, serta Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Barat.

Plh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Barat, Maria Wijayanti mengatakan, informasi keliru atau hoaks adalah musuh bersama.

“Hoaks ini adalah musuh bersama. Maka dalam mengatasinya juga harus bersama sehingga kita butuh kekuatan besar yang kolaboratif untuk menyelesaikan persoalan besar ini secara bersama-sama” ungkap Maria.

Baca Juga:Kekeringan Terus MeluasDukung Penyisihan Lomba Cabor Arung Jeram di Sungai Citarik

Dalam acara penandatangaan perjanjian kerja sama replikasi unit saber hoaks dan deklarasi bersama penanggulangan hoaks, turut pula hadir dan menyaksikan Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, Bedi Budiman.

0 Komentar