Sempat Jebol, Bendungan Cipelang Bakal Dibangun Tahun Depan

Sempat Jebol, Bendungan Cipelang Bakal Dibangun Tahun Depan
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Bendungan Cipelang yang sempat jebol belum lama ini akan dibangun kembali tahun depan. Lokasinya berada di Kampung Cipanengah RT 4/2 Kelurahan Cipanengah Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUTR Kota Sukabumi, Eris Indrawan, mengatakan, sejauh ini DPUTR sudah mengajukan untuk proses perbaikan pembangunan bendungan tersebut.

“Kami sudah mengajukannya, rencananya pembangunan akan dilakukan pada tahun depan,” ujar Eris, kemarin (19/9).

Baca Juga:Tiga Komoditas Kebutuhan Masyarakat Harganya TurunDemokrat Masih Terombang-ambing di Luar Koalisi

Eris menjelaskan, estimasi anggaran untuk pembangunan bendungan dengan lebar sekitar 15 meter dan ketinggian lima meter ini membutuhkan anggaran sekitar Rp300 juta. Pembangunannya dilakukan secara bertahap.

“Sementara waktu kami bersama warga memasang bronjong agar lahan pertanian warga dapat teraliri air,” jelasnya.

Jebolnya bendungan Cipelang terjadi pada 9 Agustus 2023. Akibat kejadian itu lahan pertanian warga sempat terancam gagal panen.

“Alhamdulillah berkat kerja sama yang baik dengan semua unsur akhirnya lahan pertanian dapat tetap teraliri air,” terangnya.

Eris berharap dengan berbagai upaya yang dilakukan pembangunan bendungan dapat segera terwujud sehingga dapat meminimalkan terjadinya kekeringan.

“Keberadaan bendungan ini sangat dibutuhkan warga di tiga kelurahan.Kami berupaya segera memmbangun kembali bendungannya,” pungkasnya (mg4)

0 Komentar