Tujuh Provinsi Ikuti BK PON Arung Jeram di Sungai Citarik Cikidang

Tujuh Provinsi Ikuti BK PON Arung Jeram di Sungai Citarik Cikidang
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Sebanyak Tujuh Provinsi akan berlaga pada Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di Sungai Citarik, Desa Cijambe, Kecamatan Cikidang, Senin (25/09).

7 Provinsi atau Zona II ini antara lain, DKI Jakarta, Jogjakarta, Banten, Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Terdapat empat kategori pada babak kualifikasi Arung Jeram di sungai Citarik, yakni, kategori sprint, head to head, slalom, down river race. BK PON berlangsung dari tanggal 25 sampao 29 September 2023, mendatang.

BACA JUGA: Pj Wali Kota Bertekad Lanjutkan Program

Baca Juga:Pj Wali Kota Bertekad Lanjutkan ProgramTingkatkan SDM Pelaku UKM

Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia (PB FAJI), Mayor Jenderal TNI Mar (Purn) Frederikus Saud Tambatua menjelaskan, pada tahun 2023 telah beberapa babak kualifikasi PON XXI Aceh-Sumut  yang dilaksanakan yang terbagi dalam tiga zona, diantaranya zona 1 dilaksanakan di Sungai Batang Anai, Sumatera, zona II di Sulawesi Utara, dan ke tiga zona II di laksanakan di sungai Citarik, Jawa Barat. 

“Babak kualifikasi pada dasarnya mengusung prinsip ingin meninggalkan warisan yang baik bagi lingkungan, sosial, dan peningkatan ekonomi bagi masyarakat. Terutama meningkatkan kesadaran pribadi dan moral bagi pegiat arung jeram untuk menjaga lingkungannya,” jelasnya. 

PB FAJI meminta kepada para atlet yang akan bertanding untuk menjunjung tinggi sportifitas serta menjaga kesehatan dan keselamatan.

BACA JUGA: KORMI Targetkan Tambah Induk Olahraga

“Arus sungai memang sedang kecil, tetapi harus diwaspadai. Karena sungai sekecil apapun kalo kita lupa diri bisa menyebabkan bencana,” singkatnya. 

Sementara Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengaku sangat bersyukur terselenggaranya BK PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Sungai Citarik, karena menurutnya sungai Citarik merupakan satu diantara lokasi arung jeram yang sangat memicu adrenalin dibandingkan dengan lokasi lain di Indonesia.

“Belum lama ini saya mencoba arung jeram di Badung Bali, ternyata lebih menantang di sini,” ucapnya.

BACA JUGA: Tumbuhkan Jiwa Spotifitas Melalui Berbagai Turnamen Olahraga

Marwan mengakui, bahwa kondisi arus sungai Citarik saat ini kurang maksimal akibat musim kemarau panjang. Namun tidak dipungkiri beberapa hari kedepan akan turun hujan sehingga arus sungai bisa lebih menantang.

0 Komentar