Cegah Penyebaran Rabies di Kota Sukabumi

Cegah Penyebaran Rabies di Kota Sukabumi
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Penyakit Rabies merupakan salah satu penyakit yang tetap diwaspadai penyebarannya, termasuk di Kota Sukabumi. Bertepatan World Rabies Day, Pemkot Sukabumi melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) melaksanakan layanan vaksinasi rabies gratis di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), Sabtu (7/10).

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Sukabumi, Riki Barata, menerangkan layanan pemberian vaksin rabies disambut antusias masyarakat. Terutama para pemilik hewan peliharaan yang rentan menjadi penular penyakit rabies.

“Ada sebanyak 250 ekor hewan peliharaan yang mengikuti vaksinasi rabies,” kata Riki.

Baca Juga:TNI Harus Jaga Kondusifitas Daerah Menjelang PemiluPenjabat Wali Kota Hadiri Penutupan Diklat Perwira Polri Setukpa

Pelaksanaan vaksinasi rabies gratis juga merupakan bagian dari upaya pemecahan rekor Muri. Sebab, kegiatan serupa juga dilaksanakan semua daerah di Indonesia.

“Gerakan vaksinasi rabies ini dilaksanakan serentak di berbagai Puskeswan di seluruh Indonesia,” tuturnya.

DKP3 Kota Sukabumi, kata Riki, terus berupaya menyosialisasikan upaya-upaya pencegahan penyebaran rabies ke berbagai kalangan. Salah satu sasarannya yaitu kalangan pelajar di salah satu SD di Kecamatan Baros.

“Selain vaknisasi, kami juga sosialisasikan upaya pencegahan rabies. Kami ikutsertakan para pengurus dan anggota
Persatuan Istri Dokter Hewan Indonesia (PIDHI),” terangnya.

Berbagai upaya yang dilakukan, tegas Riki, diharapkan ke depan Kota Sukabumi bisa menjadi daerah yang terbebas dari ancaman rabies.

“Karena itu, setiap pemilik hewan peliharaan wajib melakukan vaksinasi secara rutin agar terbebas dari ancaman rabies,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar