BPBD Gencarkan Mitigasi Kebencanaan

BPBD Gencarkan Mitigasi Kebencanaan
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menggencarkan sosialisasi mitigasi kebencanaan. Tujuannya untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi ancaman bencana alam.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Novian Rahmat Taufik, mengatakan sosialisasi dilakukan untuk memberikan pemahaman pentingnya mitigasi kebencanaan serta upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko bencana.

“Kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat tentang tindakan yang perlu dilakukan sebelum, saat, dan setelah terjadinya bencana. Ini untuk meminimalkan kerugian yang ditimbulkan,” ujar Novian, kemarin (15/10).

Baca Juga:Dinkes Berupaya Wujudkan WBK dan WBBMPemkab Gelar Persiapan Event CPUGGp Run 2023

Selain itu, kata Novian, sosialisasi juga bertujuan untuk mengajak masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam upaya mitigasi kebencanaan di wilayah Kota Sukabumi.

“Kami memberikan berbagai informasi terkait jenis-jenis bencana yang mungkin terjadi, bagaimana cara menghadapinya, serta langkah yang harus diambil dalam situasi darurat,” ungkapnya.

BPBD Kota Sukabumi juga memberikan pengetahuan mengenai posko bencana, jalur evakuasi, serta nomor-nomor penting yang dapat dihubungi dalam kondisi darurat.

“Sehingga masyarakat mampu mengakses bantuan dan informasi dengan lebih cepat dalam situasi darurat bencana,” akunya.

BPBD Kota Sukabumi juga akan mengadakan pelatihan dan simulasi evakuasi bencana secara rutin, guna memastikan masyarakat memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup saat menghadapi situasi darurat.

“Selain itu, kami juga berupaya membangun kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk tokoh masyarakat, sekolah, perusahaan, dan organisasi masyarakat, guna meningkatkan sinergi dalam upaya mitigasi kebencanaan,” jelasnya.

Melalui sosialisasi Novian berharap masyarakat Kota Sukabumi dapat lebih siap dan tanggap dalam menghadapi ancaman bencana. Sekaligus menjadi agen perubahan yang berkontribusi aktif dalam upaya mitigasi kebencanaan di wilayah.

Baca Juga:WHO Perkenalkan KKS Kawasan Asia TenggaraCitepus dan Cikakak Dinobatkan Sebagai Desa Taguh Bencana Tsunami

“Semoga dengan berbagai upaya yang dilakukan dapat meminimalkan risiko bencana,” pungkasnya. (mg4)

0 Komentar