Harga Daging Ayam Kembali Turun

Harga Daging Ayam Kembali Turun
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Harga berbagai komoditas kebutuhan masyarakat di Kota Sukabumi masih berfluktuasi. Beberapa di antara komoditas itu harganya cenderung turun, seperti harga daging ayam.

Data Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi pada Jumat (13/10), beberapa komoditas yang harganya terpantau turun di antaranya daging ayam broiler. Semula harganya kisaran Rp36 ribu per kilogram, sekarang turun jadi Rp35 ribu per kilogram.

Turunnya harga daging ayam broiler diikuti juga cabai merah besar lokal. Semula harganya kisaran Rp65 ribu, sekarang turun jadi Rp60 ribu per kilogram.

Baca Juga:Kebakaran Lahan Diduga Ulah ODGJKarhutla Dominasi Bencana Selama September, Dimungkinkan Kondisi Kemarau Panjang

Kemudian cabai hijau besar dari Rp30 ribu turun jadi Rp28 ribu per kilogram, cabai keriting merah dari Rp48 ribu menjadi Rp45 ribu per kg, dan cabai rawit merah dari Rp52 ribu menjadi Rp48 ribu per kg.

Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Diskumindag Kota Sukabumi, M Rifki, menuturkan beberapa komoditas yang harganya turun kemungkinan dipengaruhi pasokan yang mulai stabil. Sebab, harga komoditas di pasaran itu mengikuti di tingkat bandar.

“Mudah-mudahan harga berbagai komoditas yang notabene masih mahal bisa berangsur turun,” kata Rifki, Jumat (13/10).

Berfluktuasinya harga sejumlah komoditas kebutuhan masyarakat dipengaruhi beberapa faktor. Misalnya permintaan dan pasokan.

“Ketika permintaan tinggi dan pasokan kurang, biasanya harga akan naik. Sebaliknya, ketika permintaan turun dan pasokan melimpah, harga dipastikan turun,” ucapnya.

Selain ada beberapa komoditas kebutuhan masyarakat yang harganya turun, terdapat juga komoditas yang harganya masih bertahan. Di antaranya beras yang sampai saat ini belum kunjung turun.

Data Diskumindag Kota Sukabumi, harga beras jenis premium masih di kisaran Rp14 ribu per kg, jenis medium kisaran Rp13 ribu per kg, Ciherang Cianjur I di kisaran Rp14 ribu per kg, Ciherang Cianjur II kisaran Rp13.500 per kg, dan Ciherang Sukabumi kisaran Rp13.500 per kg. Sedangkan beras Bulog atau Stabilitasi Pasokan dan Harga Pangan kisaran Rp10.900 per kilogram. (ist)

0 Komentar