Hari Santri Berlangsung Semarak

Hari Santri Berlangsung Semarak.
Hari Santri Berlangsung Semarak.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Hari Santri Nasional di Kota Sukabumi diperingati di Lapang Merdeka, kemarin (22/10). Kegiatan tersebut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para ulama, santri, dan unsur-unsur masyarakat se-Kota Sukabumi.

Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya.

“Secara simbol, Hari Santri Nasional Tahun 2023 ini memiliki keunikan. Setidaknya, pesan yang disampaikan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia pada saat launching HSN 2023 terwakilkan oleh logo hari santri,” ujar Kusmana kepada wartawan, kemarin.

Baca Juga:Waspadai Peredaran Upal Jelang Pemilu!Pengantin Baru Ditemukan Tewas di Pinggir Pantai

Semangat untuk mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia harus mengendap dalam diri santri. Hal ini dapat diwujudkan dengan memupuk dan menumbuhkan semangat nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.

Hubbul Al-Wathan atau kecintaan kepada Tanah Air menjadi landasan penting dalam menumbuhkan kecintaan nasionalisme tersebut.

“Tentunya transformasi digital menjadi bagian integral yang menunjukkan kepedulian santri dalam beradaptasi dan memiliki kemampuan antisipatif di era digital saat ini yang semakin maju dan berkembang,” ungkapnya.

Kusmana mengajak para santri memahami dan memanfaatkan berbagai platform digital dalam menyebarkan ajaran agama serta nilai-nilai kebangsaan.

“Kami memotivasi para santri untuk berperan sebagai pelopor perubahan, menyebarkan ajaran agama melalui dunia digital dengan tujuan menciptakan perubahan positif di dalam kehidupan bermasyarakat. Kemudian dengan menghadirkan makna dari logo tersebut, saya mencoba merefleksikannya di Kota Sukabumi,” ucapnya.

Kusmana menambahkan, refleksi tersebut telah terbangun dalam tindakan nyata yang diperlihatkan para aparatur sesuai dengan harapan pemerintah dan masyarakat.

“Kemudian Kota Sukabumi yang menjunjung nilai-nilai kebangsaan dan keagamaan akan menciptakan suasana yang kondusif serta memberikan ruang terbuka untuk memfasilitasi para santri berjihad dalam menjunjung kejayaan negeri,” pungkasnya. (mg4)

0 Komentar