Deretan Penyebab Gejala Gagal Ginjal dan Tanda-Tandanya

Penyebab Gejala Gagal Ginjal
Penyebab Gejala Gagal Ginjal
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Gagal ginjal adalah kondisi ketika ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik untuk menyaring limbah, dan kelebihan cairan dari darah yang dimana gejala tersebut dapat terjadi oleh beberapa faktor.

Nah untuk mengetahui apa saja penyebab terjadinya gejala gagal ginjal tersebut, kamu dapat terus simak artikel kami di bawah ini sampai selesai.

1. Penyakit ginjal kronis (PGK)

PGK adalah penyebab paling umum dari gagal ginjal, yakni terjadi ketika ginjal rusak secara bertahap dari waktu ke waktu hingga menyebabkan diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit autoimun.

2. Gagal ginjal akut

Baca Juga:Miliki Fitur Canggih Oppo A79 5G Suguhkan Pemangalaman BaruTampil Menawan! OPPO A79 5G Bawa Desain Modern Berkonsep Glossy

Gagal ginjal akut adalah kondisi ketika ginjal tiba-tiba berhenti berfungsi, yang dimana dapat menyebabkan infeksi, obat-obatan, dan trauma.

3. Obstruksi saluran kemih

Obstruksi saluran kemih adalah kondisi ketika aliran urine tersumbat, dapat disebabkan oleh batu ginjal, tumor, atau pembesaran prostat.

4. Penyakit ginjal polikistik (PKD)

PKD adalah kondisi genetik yang menyebabkan pertumbuhan kista di ginjal, hingga kista-kista ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan gagal ginjal.

5. Nefropati diabetik

Nefropati diabetik adalah kerusakan ginjal yang disebabkan oleh diabetes hingga dapat menyebabkan gagal ginjal.

6. Hipertensi

Tekanan darah tinggi dapat merusak ginjal dan menyebabkan gagal ginjal yang parah.

7. Obat-obatan tertentu

Beberapa obat-obatan seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), dapat merusak ginjal dan menyebabkan gagal ginjal.

Nah gejala ini juga dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahannya, yang dimana ketika memilikinya akan merasakan seperti:

Baca Juga:Resmi Rilis! OPPO A79 5G Dijual 3 Juta dengan Spek Kelas AtasCanon EOS 250D: Kamera DSLR Terbaik dengan Spek Berkualitas

-Kelelahan
-Pembengkakan di kaki, tangan, atau wajah
-Nafsu makan berkurang
-Mual dan muntah
-Perubahan warna urine

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

0 Komentar