Inilah Sejarah Sumpah Pemuda Pada Tanggal 28 Oktober 1928

Sejarah Sumpah Pemuda
Sejarah Sumpah Pemuda
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Sumpah Pemuda adalah momen bersejarah yang sangat penting dalam perjalanan menuju kemerdekaan Indonesia. Ini adalah deklarasi penting yang diucapkan pada tanggal 28 Oktober 1928 oleh pemuda-pemuda Indonesia yang mewakili berbagai organisasi kepemudaan dari seluruh nusantara. Sumpah Pemuda memiliki beberapa poin penting:

– Satu Bahasa, Bahasa Indonesia: Salah satu poin utama dalam Sumpah Pemuda adalah tekad untuk menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang digunakan di seluruh Indonesia. Hal ini untuk mengatasi perbedaan bahasa daerah yang ada di berbagai wilayah nusantara.

– Satu Tanah Air, Indonesia: Sumpah Pemuda juga menekankan kesatuan wilayah Indonesia sebagai satu bangsa. Ini melawan kolonialisme dan pembagian wilayah yang dilakukan oleh pihak penjajah.

Baca Juga:Inilah Kata-Kata Usai Lionel Messi Setalah Meraih Ballon d’Or 2023Panic Buying Ancam Malaysia, Subsidi Dicabut Bukan BBM dan Energi Lainnya Tapi?, Simak Disini

– Satu Bangsa, Bangsa Indonesia: Sumpah Pemuda mengukuhkan kesatuan bangsa Indonesia, yang terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya yang ada di kepulauan ini.

Sumpah Pemuda menjadi landasan penting bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia, yang kemudian mencapai puncaknya dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Selama tahun-tahun perjuangan menuju kemerdekaan, semangat Sumpah Pemuda memotivasi pemuda dan tokoh-tokoh pergerakan untuk bersatu dan melawan penjajahan.

Momen Sumpah Pemuda diperingati setiap tahun pada tanggal 28 Oktober di Indonesia sebagai hari libur nasional. Ini adalah waktu yang dihormati untuk merayakan semangat persatuan dan kemerdekaan, serta untuk mengenang peran penting pemuda dalam sejarah bangsa.

0 Komentar