Harga Semua Komoditas Cabai Naik

Harga Semua Komoditas Cabai Naik
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRESHarga komoditas cabai di Kota Sukabumi terpantau terus naik. Kondisi itu dimungkinkan karena pasokan yang berkurang akibat cuaca.

Data Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, komoditas yang naik yaitu cabai merah besar TW dari harga sebelumnya Rp40 ribu menjadi Rp45 ribu per kg, cabai merah besar lokal naik dari Rp48 ribu sekarang jadi Rp55 ribu per kg, cabai hijau besar kini dijual di pasaran Rp30 ribu sebelumnya yang Rp25 ribu per kg, cabai merah keriting kini mencapai Rp60 ribu dari Rp52 ribu per kg, dan cabai keriting hijau dari harga Rp25 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram.

“Hasil pantauan kami di lapangan dalam sepekan ini komoditas cabai terus mengalami kenaikan yang signifikan,” ujar Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Diskumindag Kota Sukabumi, M Rifki, kemarin (1/11).

Baca Juga:Diduga Gegara Angkot, Sebuah SPBU TerbakarPolisi Selidiki Kasus Dugaan Perundungan Pelajar SD

Naiknya harga hampir semua komodita cabai disebabkan pasokan yang berkurang akibat faktor cuaca.

“Jadi yang menyebabkan harga cabai terus merangkak naik itu diakibatkan faktor cuaca dan kurangnya pasokan,” ungkapnya.

Sementara harga beragam komoditas lain relatif masih stabil. Di antaranya minyak goreng curah Rp15 ribu-Rp16 ribu per kg, minyak goreng dalam kemasan di pasar modern dijual Rp40.900 per 2 liter dan di pasar tradisional per liter Rp17 ribu-Rp19 ribu, terigu Rp11 ribu per kg, garam halus 250 gram Rp1.500 per bungkus, dan garam gandu Rp500 per biji.

Begitu juga dengan harga bawang merah jawa masih stabil di kisaran Rp24 ribu per kg, bawang putih Rp35 ribu per kg, daging sapi Rp130 ribu per kg, bawang bombay Rp30 ribu per kg, dan daging ayam broiler Rp37 ribu per kg.

Rifki menambahkan, Diskumindag Kota Sukabumi terus berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan untuk memastikan ketersediaan berbagai komoditas kebutuhan masyarakat.

“Saat ini sudah ada program menanam cabai di pekarangan rumah masing-masing dengan tujuan kebutuhan rumah tangga dapat terpenuhi,” pungkasnya. (mg4)

0 Komentar