Penghobi Bonsai di Kabupaten Sukabumi Meningka

Penghobi Bonsai di Kabupaten Sukabumi Meningka
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Komunitas Pengrajin Bonsai Palabuhanratu Raya (PBPR) menggelar Jemur Bonsai di pelataran Alun-alun Palabuhanratu, Kamis (9/11). Kegiatan ini pun dihadiri Bupati Sukabumi, Marwan Hamami. 

Kegiatan jemur bareng bonsai ini merupakan ajang silaturahmi para pengrajin guna menyalurkan hobi dan pembinaan kualitas petani bonsai. Tercatat ada sebanyak 70 tanaman bonsai yang di jemur pada acara ini

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, menjelaskan, acara Jemur Bonsai merupakan ajang silaturahmi antara komunitas dan pemerintah untuk bersama-sama membangun daerah melalui hobby yang dimiliki. 

Baca Juga:DPRD Atensi Kasus Dugaan Perundungan Siswa SDWujudkan Generasi Emas Bebas Anemia dan Stunting

“Selama ini petani bonsai di asumsikan merusak alam maupun lingkungan, namun setelah adanya Geopark Ciletuh Palabuhanratu petani bonsai beralih menjadi budidaya bonsai. Jadi alamnya terjaga hobby nya terpelihara,” jelasnya. 

Marwan menjelaskan, hobby bonsai di Kabupaten Sukabumi cukup meningkat, bahkan bonsai Sukabumi telah meraih beberapa penghargaan di daerah lain. Maka dari itu, potensi tersebut harus terus di kembangkan untuk mengharumkan nama daerah dan menunjang nilai ekonomi bagi para petani.

“Pemkab akan mendorong siapapun masyarakat yang memiliki pemikiran-pemikiran seperti ini,” sebutnya

Marwan pun mengaku sangat bersyukur kepada para petani atau penghoby bonsai yang telah mengisi pembangunan di daerah melalui hoby atau kecintaannya ini.

“Terus dorong potensi ini untuk mengisi pembangun daerah melalui hoby dan menjadi nilai ekonomi,” imbuhnya. 

Ia berharap kedepan acara tersebut bisa dilaksanakan secara rutin di Kabupaten Sukabumi, sehingga bonsai bisa menjadi media daya tarik para wisatawan luar untuk berkunjung ke Kab. Sukabumi. 

Sekretaris Pengrajin Bonsai Palabuhanratu Raya, Ayi, menambahkan, acara jemur bonsai diikuti oleh 70 bonsai dari spesies yang berbeda dan acara ini sangat diharapkan oleh para penghoby bonsai.

Baca Juga:Seorang Ayah Rudapaksa Dua Anak KandungnyaPegawai Restoran Terbawa Hanyut, Ditemukan Sudah Tak Bernyawa

“Karena jumlah meja bonsai yang disediakan terbatas, jadi kita hanya menampilkan sebanyak 70 bonsai saja,” ujarnya

Dia berharap, kedepan acara tersebut bisa menjadi agenda rutin, sehingga dapat memotivasi masyarakat serta memicu daya tarik pengunjung untuk datang ke Kabupaten Sukabumi (ist)

0 Komentar