7 Makanan Penyebab Vertigo Kambuh, Ada Keju dan Permen

Penyebab Vertigo Kambuh
Penyebab Vertigo Kambuh
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Beberapa makanan dapat memicu vertigo kambuh terutama jika Anda memiliki kondisi yang mendasari seperti BPPV, atau penyakit Meniere yang dapat memperparah kondisi kesehatan.

Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya dihindari atau dikurangi konsumsi jika Anda rentan terhadap vertigo:

1. Makanan tinggi garam: Garam dapat menyebabkan retensi cairan, yang dapat mengganggu keseimbangan cairan di telinga bagian dalam dan memicu vertigo. Batasi konsumsi makanan asin, seperti makanan cepat saji, makanan kalengan, keju, dan makanan ringan yang terasa gurih.

Baca Juga:Fitur Baru! YouTube Premium Hadirkan Bot Penjawab Semua PertanyaanSoekarno Simpan Emas 57 Ton di Bank Swiss? Ini Faktanya!

2. Makanan tinggi gula: Makanan manis atau banyak mengandung gula dapat menyebabkan fluktuasi volume cairan di telinga yang meningkatkan gejala vertigo. Batasi konsumsi makanan manis, seperti kue, permen, minuman ringan, dan jus buah.

3. Makanan yang mengandung tiramin: Tiramin adalah zat alami yang ditemukan dalam beberapa makanan, seperti daging asap, keju keras, anggur merah, dan bir. Konsumsi berlebihan tiramin dapat memicu migrain dan vertigo karena meningkatnya tekanan darah.

4. Makanan yang mengandung kafein: Kafein dapat bersifat diuretik, yang berarti dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat mengganggu keseimbangan cairan di telinga bagian dalam dan memicu vertigo. Batasi konsumsi kafein, seperti kopi, teh, cokelat, dan minuman berenergi.

5. lkohol: Alkohol dapat mengganggu keseimbangan dan memperburuk gejala vertigo. Sebaiknya hindari konsumsi alkohol, terutama jika Anda memiliki kondisi yang mendasari seperti BPPV atau penyakit Meniere.

6. Makanan yang mengandung MSG: MSG (monosodium glutamate) adalah zat penyedap yang dapat memicu gejala vertigo pada beberapa orang. Sebaiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung MSG, seperti sup instan, makanan olahan, dan makanan siap saji.

7. Makanan yang mengandung histamin: Histamin adalah zat alami yang ditemukan dalam beberapa makanan, seperti ikan laut, keju tua, dan anggur merah. Konsumsi berlebihan histamin dapat memicu migrain dan vertigo pada beberapa orang.

Jika Anda rentan terhadap vertigo, sebaiknya perhatikan makanan yang Anda konsumsi dan hindari makanan yang dapat memicu gejala vertigo. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran diet yang lebih spesifik.

0 Komentar