Kontingen FTBI Dimotivasi Raih Prestasi Terbaik untuk Kabupaten Sukabumi

Kontingen FTBI Dimotivasi Raih Prestasi Terbaik untuk Kabupaten Sukabumi
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Kontingen Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama asal Kabupaten Sukabumi di lepas Wakil Bupati Sukabumi di Gedung Pendopo Sukabumi, Senin (13/11). 

Rencananya kontingan berjumlah 28 peserta ini akan mengikuti lomba FTBI tingkat Jabar yang dilaksanakan selama Empat hari, dari 13 November sampai 15 November mendatang. 

Diketahui ada di 7 kegiatan yang dilombakan dalam FTBI tersebut, diantaranya ngadongéng (bercerita),  biantara (berpidato), maca sajak (membaca puisi), nembang (pupuh) (tembang tradisi), maca jeung nulis aksara Sunda (membaca dan menulis aksara Sunda), ngarang carita pondok (mengarang cerita pendek), serta 7) borangan atau ngabodor sorangan (komedi tunggal/stand up comedy).

Baca Juga:Pemkab Sukabumi Gelar Rakor Penyusunan KLAPara Camat Ikuti Seminar Evaluasi Perbup Sukabumi No 78 Tahun 2020

Dalam amanatnya, Iyos berpesan peserta yang tergabung dalam Kontingen asal Kabupaten Sukabumi mampu mengharumkan nama baik daerah.

“Kita optimis mampu tampil sebagai yang terbaik,” ungkapnya

Masih dikatakan Iyos, Pemkab Sukabumi perlu sinergi dan kolaborasi dalam menindaklanjuti  proses penyelenggaraan program revitalisasi bahasa daerah.

“Oleh karena itu, saya minta peran aktif dari Dinas Pendidikan, terutama di kalangan para kepala sekolah, pengawas, jajaran pengurus KKG SD dan MGMP Bahasa Daerah SMP dapat menyukseskan program revitalisasi bahasa daerah ini sesuai kapasitas dan kapabilitasnya masing-masing. Sehingga mampu mendorong peningkatan prestasi pada FTBI menjadi lebih baik,” jelasnya.

Event ini, terang Iyos, merupakan penguatan dalam pembinaan karakter bahkan menjadi ajang evaluasi yang dapat dijadikan sebagai barometer tingkat keberhasilan dalam pembinaan terhadap anak didik selama ini.

“Sehingga kita bisa terus melanjutkan karya dan menorehkan prestasi dengan memberikan kontribusi positif dalam meraih sebuah prestasi bagi pendidikan diKabupaten Sukabumi,” terangnya 

Terakhir Iyos mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada para peraih juara FTBI tingkat Kabupaten Sukabumi yang terpilih untuk mewakili Kabupaten Sukabumi pada lomba FTBI tingkat Jawa Barat tahun 2023. (Mg3)

0 Komentar