Puluhan Kades Terpilih Dilantik

Puluhan Kades Terpilih Dilantik
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Sebanyak 70 orang Kepala Desa (Kades) terpilih dari 38 kecamatan di Kabupaten Sukabumi secara resmi dilantik Bupati Sukabumi, Marwan Hamami di salah satu hotel di kawasan Selabintana, Rabu (15/11). 

Para kades yang dilantik ini merupakan yang berhasil terpilih pada Pilkades serentak siklus dan gelombang II tahun 2023 lalu, untuk selanjutnya mereka akan mengemban jabatan hingga enam tahun mendatang terhitung dari tahun 2023 sampai 2029. 

Dalam sambutannya, Marwan Hamami mengatakan, pelantikan ini merupakan momen yang sangat penting. Sebab, Kades terpilih telah disahkan sesuai mekanisme dan ditegaskan dalam regulasi yang mengatur untuk memimpin wilayahnya. 

Baca Juga:Pentingnya Konversi Pengelolaan Arsip DigitalKeluarga Risiko Stunting Terima Bantuan Pangan

“Pasca pelantikan sebagai kepala desa, kewenangan dan tugas serta fungsinya sudah melekat menurut kapasitasnya dan sah secara hukum,” ujarnya. 

Maka dari itu, pelantikan ini harus menjadi momen untuk meluruskan niat, menguatkan tekad, dan memantapkan langkah. Terutama, dalam membuat perubahan positif yang berkelanjutan. Hal itu demi kemajuan daerah dan masyarakat sejahtera lahir batin. 

“Tumbuh kembangnya kemajuan pembangunan di desa, termasuk tingkat kesejahteraan desa terletak pada kepiawaian kepala desanya,” ucapnya.

Oleh karena itu, Marwan menitipkan sejumlah pesan kepada para kepala desa yang baru dilantik. Dimulai dari karakter diri yang harus menjadi panutan bagi perangkat desa beserta masyarakat. 

“Sikap, tindakan, keputusan, dan kebijakan yang ditetapkan atau dikeluarkan harus hati-hati. Tak boleh kontroversi, apalagi berpotensi merugikan publik,” ungkapnya. 

Selain itu, Marwan pun menekankan profesionalisme, akuntabilitas, transparansi, dan mampu menjadi katalisator bagi perubahan atau inovasi positif. Sehingga, nantinya bisa meninggalkan warisan yang baik hingga diingat atau dikenang dan dicontoh untuk masyarakat.

“Perhatian yang tak kalah penting bagi kepala desa adalah penerapan tertib dan disiplin penggunaan anggaran. Jadi, fokuslah bekerja dan layani masyarakat sebaik mungkin. Jangan lupa, penuhi janji untuk memberikan yang terbaik tanpa membenturkan nilai dan norma,” pungkasnya. (IST)

0 Komentar