Kebiasaan Menginap di Rumah Warga Jadi Pembeda Ganjar dengan Capres Lainnya

Kebiasaan Menginap di Rumah Warga Jadi Pembeda Ganjar dengan Capres Lainnya
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Calon Presiden (Capres) 2024, Ganjar Pranowo memiliki kebiasaan atau tradisi menginap di rumah warga. Kebiasaan tersebut sudah dilakukan Ganjar Pranowo sejak menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Bukan tanpa alasan, kebiasaan Ganjar menginap di rumah warga itu bertujuan agar ia bisa lebih dekat dan melebur bersama rakyat. Sehingga, ia bisa menyerap aspirasi langsung dari mereka.

Guru Besar Komunikasi Universitas Airlangga, Prof Dr. Henri Subiakto, menilai apa yang dilakukan itu, menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo seorang pemimpin yang tidak berjarak dengan rakyat kecil. Hal itu, berbeda dengan dua pasangan capres yang lain.

Baca Juga:Anies Tandatangan Kontrak dengan Suporter PSM Terkait Pembangunan Stadion MattoangingTarget 60 Persen, TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD: Jateng Itu Kandang Banteng

“Saya melihat bahwa apa yang dilakukan Pak Ganjar untuk masuk ke rumah-rumah warga itu menunjukkan bahwa beliau orang yang tidak berjarak dengan rakyat kecil, masyarakat biasa. Karena memang asal-muasal Pak Ganjar adalah masyarakat biasa. Karena agak beda dengan capres maupun cawapres yang lainnya,” kata pakar bidang komunikasi politik ini saat dihubungi, Minggu (19/11/2023).

Henri menuturkan, ayah Ganjar yang bernama Parmudji Pramudi Wiryo hanyalah seorang purnawirawan polisi dengan pangkat Letnan Satu (Lettu). Sehingga, menurutnya wajar apabila Ganjar dekat dan mudah berbaur dengan masyarakat.

Ganjar memang berasal dari masyarakat biasa, maka logis kalau dia juga dekat dengan rakyat kebanyakan. Dekat dan mencoba untuk memahami denyut kehidupan, aspirasi maupun juga ingin mengetahui apa yang dirasakan oleh masyarakat biasa,” katanya

Kebiasaan Ganjar yang bisa dan selalu dekat dengan rakyat, menurutnya, itu sebuah kelebihan seorang pemimpin. Dia mengatakan, apa yang dilakukan Ganjar hampir sama seperti yang dilakukan oleh sahabat Nabi Muhammad SAW, yakni Umar bin Khattab.

“Itu justru kelebihan ya, kelebihan seorang pemimpin seperti itu. Kalau Umar bin Khattab kan juga ketika ingin mengetahui apa yang terjadi di masyarakatnya, juga datang ke rumah-rumah penduduk, rumah-rumah masyarakat,” ucapnya.

Dia juga menilai, apa yang dilakukan Ganjar menunjukan bahwa Capres 2024 berambut putih itu bukanlah seorang yang tinggi hati. Meski pernah menjabat anggota DPR-RI dan Gubernur Jawa Tengah, masing-masing selama dua periode, dan kini menjadi calon presiden Ganjar tetaplah seorang yang rendah hati.

0 Komentar