Cakupan Aktivasi KTP Digital Baru 3,72 Persen

Cakupan Aktivasi KTP Digital Baru 3,72 Persen
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Cakupan aktivitas Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kota Sukabumi baru mencapai 3,72 persen atau sekitar 9.695 jiwa. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus berupaya agar cakupannya terus meningkat.

“Kami terus menggencarkan aktivasi IKD. Misalnya pada berbagai momen yang bisa menampung banyak orang,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi, kepada wartawan, kemarin (23/11).

Saat ini aktivasinya sudah bisa dilakukan dengan gawai berbasis iOS. Sebelumnya IKD hanya dapat diunduh gawai berbasis Android melalui Playstore.

Baca Juga:Evaluasi P2WKSS di Desa Kebonpedes Menjelang PenilaianInstruksikan Satreskrim Ungkap Kasus Pelajar SMP Nagrak yang Hilang

“Kemendagri telah bekerja sama dengan pihak Apple untuk mengadakan aplikasi IKD pada iOS versi 11.0 atau lebih. Harapannya hal tersebut bisa menambah jumlah warga yang aktivasi IKD,” terangnya.

Namun tak dipungkirinya masih terdapat kendala. Salah satunya banyak warga yang minta diaktivasi tapi telepon selulernya kurang mendukung.

“Kami juga menggencarkan sosialisasi aktivasi IKD ke kalangan perguruan tinggi,” imbuhnya.

Kardina berharap ke depan semua masyarakat Kota Sukabumi sudah mengaktivasi IKD.

“Langkah tersebut dilakukan agar capaian identitas kependudukan digital pada 2023 ini mencapai 25 persen dari warga yang telah mempunyai KTP elektronik,” tukasnya. (mg4)

0 Komentar