Sejarah Hari Guru Nasional dan Beberapa Tujuan Diperingatinya

Hari Guru Nasional
Hari Guru Nasional
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November di Indonesia untuk mengenang jasa-jasa para guru, dalam mencerdaskan bangsa dan tanggal tersebut dipilih bertepatan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tahun 1945.
Nah untuk mengetahui bagaimana sejarah dari Hari Guru Nasional tersebut, yuk simak terus artikel kami di bawah ini sampai selesai.
Diketahui, Hari Guru Nasional ini menggambarkan perjuangan para guru dalam mencerdaskan bangsa sudah dimulai sejak masa penjajahan Belanda, yang dimana pada masa itu hanya sebagian kecil rakyat Indonesia yang memiliki akses pendidikan. Para guru berjuang untuk membuka sekolah-sekolah di pelosok daerah dan mengajarkan ilmu pengetahuan kepada anak-anak Indonesia.

Setelah Indonesia merdeka, perjuangan para guru semakin berat karena mereka harus membangun kembali sistem pendidikan yang rusak akibat penjajahan, hingga harus menghadapi berbagai tantangan seperti kekurangan sarana dan prasarana pendidikan, serta kurangnya tenaga pengajar yang berkualitas.

Meskipun menghadapi berbagai tantangan, para guru tidak pernah menyerah hingga mereka terus berjuang untuk mencerdaskan bangsa Indonesia. Jasa-jasa mereka sangatlah besar, sehingga mereka pantas disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Baca Juga:Keseruan Film Wish 2023 Lengkap beserta Makna-MaknanyaRayakan Hari Jadi Ke-100, Disney Rilis Film Animasi Terbaru “Wish”

Hari spesial ini merupakan momentum untuk mengenang jasa-jasa para guru dan meningkatkan kesadaran masyarakat, akan pentingnya pendidikan dengan diadakannua berbagai acara untuk memperingati hari ini seperti upacara bendera, lomba-lomba, dan pemberian penghargaan kepada para guru yang berprestasi.

Berikut adalah beberapa tujuan diperingatinya Hari Guru Nasional:

-Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan

-Meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap jasa-jasa para guru

-Meningkatkan motivasi para guru untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran

-Meningkatkan kesejahteraan para guru

0 Komentar