Bupati Sukabumi Mancing Bareng Bersama Warga di Situ Cisuba Cikidang

Bupati Sukabumi Mancing Bareng Bersama Warga di Situ Cisuba Cikidang
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Pemkab Sukabumi kembali melakukan mancing bareng bersama masyarakat, kali ini dilakukan di Situ Cisuba di Kecamatan Cikidang, Minggu (26/11).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Bhakti PU ke 78 tahun, sebelum nya acara yang sama juga dilaksanakan di Situ Habibie di Kecamatan Surade, Situ Cijeruk di Kecamatan Sukaraja.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan, memancing merupakan kegiatan yang sangat disukai hampir semua kalangan. Baik itu kalangan muda maupun orangtua.

Baca Juga:Anjal Putus Sekolah di Data Dinas Sosial Kota SukabumiDinas Sosial Kota Sukabumi Gaungkan Gebrak Sosial

“Ini merupakan salah satu upaya mengenalkan objek wisata. Karena memancing itu disukai semua usia. Lewat kegiatan semacam ini, komunikasi dua arah pun bisa tersampaikan secara baik,” ujarnya di sela-sela kegiatan memancing bersama masyarakat di Situ Cisuba, Tamansari, Kecamatan Cikidang.

Selain itu, kegiatan ini dijadikan ajang evaluasi tugas Dinas Pekerjaan Umum (PU). Terutama di bidang perairan.

“Di Dinas PU ini ada PSDA yang bertangggungjawab dalam pemeliharaan situ dan irigasi. Jadi sekaligus melihat secara langsung situ itu sudah termanfaatkan atau tidak untuk pemberdayaan pertanian. Selain pariwisata, bisa dimanfaatkan untuk pertanian,” ucapnya.

Tak hanya itu saja, keberadaan situ pun bisa bermanfaat besar bagi lingkungan maupun masyarakat. Apalagi Pemerintah Kabupaten Sukabumi berupaya menyebarkan bibit ikan di sejumlah situ.

“Kami mencoba menyebarkan bibit ikan ke sejumlah situ. Kegiatan ini sebagai upaya melestarikan lingkungan dan protein masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Marwan, protein untuk masyarakat bisa didapatkan dari ikan hasil pembibitan di situ.

“Ketika ikan ini sudah besar, masyarakat bisa memancingnya untuk pemenuhan protein keluarga,” terangnya. 

Baca Juga:Dampingi PJ Wali Kota Sukabumi, Kadinsos Terima Bantuan CSR Nutrisi dari PT. IndomartDekranasda Sukabumi Gelar Festival Kreasi Karung Goni

Kegiatan Bakti PU ke 78 ini, tidak sekadar memancing saja. Namun, ada berbagai aksi sosial hingga perekaman administrasi kependudukan.

“Setiap kegiatan kami, selalu ada perekaman adminduk ataupun hal lainnya. Ini sebagai upaya agar semua masyarakat di Kabupaten Sukabumi terdata dengan baik,” bebernya. 

Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi Asep Japar menambahkan, kegiatan di Situ Cisuba merupakan event memancing terakhir di tahun ini. Hal itu setelah menjalani berbagai rangkaian dari sejumlah wilayah di Kabupaten Sukabumi.

“Setelah beberapa rangkaian memancing di sejumlah situ, ini yang terakhir. Meskipun kegiatan lainnya masih ada. Salah satunya peresmian Jembatan Cinumpang yang rencananya akan dilaksanakan esok hari,” terangnya.

0 Komentar