Tata Cara Puasa Sunnah Senin Kamis Lengkap dengan Haditsnya

Puasa Senin Kamis
Puasa Senin Kamis
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Puasa Senin Kamis merupakan salah satu puasa sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, yang dimana hal ini disebutkan dalam beberapa hadits. Nah untuk mengetahuinya lebih lengkap, yuk simak terus artikel kami di bawah ini sampai selesai.
Hadist Puasa Senin Kamis:
Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:
“Puasa pada hari Senin dan Kamis adalah penghapus dosa-dosa seminggu yang lalu dan yang akan datang.” (HR. Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:
“Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik kepada Allah akan diampuni dosanya, kecuali dosa antara dia dan saudaranya. Maka, mintalah kepada Allah agar mengampuni dosa-dosa di antara kalian.” (HR. Muslim)

Tata cara puasa Senin Kamis sama dengan tata cara puasa sunnah pada umumnya, yaitu:

1. Niat puasa, niat puasa sunnah ini dapat dilakukan pada malam hari atau di pagi hari sebelum terbit fajar.

Baca Juga:Manfaat Puasa Senin Kamis beserta Niat dan DalilinyaVibes Bak di Puncak! Wisata Kota Bekasi ini Cocok untuk Healing

2. Makan sahur, hal ini merupakan kegiatan yang dianjurkan dalam puasa dimana waktu sahur dimulai dari terbit fajar hingga terbitnya matahari.

3. Menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang membatalkan puasa

4. Berbuka puasa, waktu buka puasa dimulai dari terbenamnya matahari hingga terbitnya fajar serta sebaiknya dilakukan dengan makanan dan minuman yang sehat

5. Doa Berbuka Puasa, “Allahumma laka shumtu wa bika aamantu wa ‘alaa rizqika afthortu.” dengan arti: “Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka.”

Puasa Senin Kamis juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesehatan. Puasa dapat membantu membersihkan tubuh dari racun-racun dan meningkatkan fungsi organ-organ tubuh.

0 Komentar