Wakil Bupati Hadiri Penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi TKD

Wakil Bupati Hadiri Penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi TKD
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri selanjutnya menghadiri kegiatan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Ke Daerah (TKD) kepada instansi vertikal kementerian lembaga di wilayah Jawa Barat oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin di Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati Kabupaten Majalengka, Jumat (1/12).

Menurut Bey, sepanjang 2023 Jabar berhasil mempertahankan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen. Pertumbuhan ekonomi yang stabil menjadi modal penting untuk melaksanakan APBN 2024. Ia menganggap APBN menjadi instrumen fiskal penting dalam mencapai tujuan pembangunan di wilayah Jabar.

“Yaitu menghilangkan kemiskinan ekstrem mendekati nol persen dan penurunan angka stunting mendekati 14 persen pada 2024, mengikuti target nasional,” ujar Bey Machmudin. 

Baca Juga:Dinas Perikanan Restocking Ikan dan Intervensi di NyalindungDiguyur Hujan, Tebing Setinggi 10 Meter Longsor Timpa Tiga Rumah di Cidahu

Target kesejahteraan di Jabar pada 2024 yaitu menurunkan angka pengangguran menjadi 9,48 persen, angka ketimpangan menjadi 0,397, serta dan meningkatkan indeks pembangunan manusia meningkat menjadi 73,05 persen.

Sementara untuk fokus APBN 2024, kata Bey, di antaranya perbaikan kualitas sumber daya manusia, transformasi ekonomi hijau, pemberian subsidi, dan bantuan sosial yang tepat. Fokus lainnya, penguatan sinergi anggaran pusat dan daerah melalui sinkronisasi belanja pusat dan daerah, yang berujung pada peningkatan efisiensi belanja negara. 

Selaku pejabat berwenang, Bey berpesan kepada para pimpinan instansi vertikal kementerian lembaga di Jabar untuk mempercepat eksekusi pelaksanaan anggaran, agar terjadi penyerapan dan manfaatnya dirasakan masyarakat.

“Adapun untuk para bupati dan wali kota, saya minta APBD 2024 fokus pada perbaikan pelayanan publik di bidang pendidikan, kesehatan, dan pekerjaan umum,” katanya 

Pada Kesempatan tersebut Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri mengunjungi pameran Jendela Kertajati, merupakan pameran Produk-produk IKM yang dipromosikan oleh Dekranasda di tiap Daerah Masing-masing untuk memperluas akses pemasaran di tingkat nasional maupun internasional. (ist/ndi)

0 Komentar