Lokasi Bencana Pergerakan Tanah di Desa Bencoy Ditinjau BNPB

Lokasi Bencana Pergerakan Tanah di Desa Bencoy Ditinjau BNPB
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto didampingi Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri meninjau lokasi bencana pergerakan tanah di Desa Bencoy, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, Kamis (7/11).

Tak hanya peninjauan saja, kegiatan ini  dibarengi juga dengan penyerahan berbagai bantuan kepada korban terdampak bencana.

Berdasarkan data yang dihimpun, bencana pergerakan tanah terjadi di Kampung Tegalkaso RT05 RW03 Desa Bencoy, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi pada Jumat, (01/12) lalu.

Baca Juga:Pemkot Susun RPJPD 2025-2045Dinkes Kota Sukabumi Sambut Baik Penyebaran Bakteri Wolbachia

Peristiwa ini mengakibatkan lima rumah terdampak bencana dan mengalami rusak ringan, sedang, maupun berat. Pergerakan tanah sendiri, infonya sudah terlihat sejak pertengahan November lalu. 

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan, kedatangannya ke Sukabumi untuk melihat langsung dampak dari pergerakan tanah. Hasil peninjauan, lahannya memang sangat kritis.

“Kami datang diperintahkan Bapak Presiden Joko Widodo. Seperti kita ketahui bersama, beberapa waktu lalu terjadi bencana di sini. Kami dari pusat ingin datang secara langsung,” ujarnya. 

Berkaitan bencana pergerakan tanah ini, dirinya hadir membawa berbagai bantuan. Apalagi, Pemerintah Kabupaten Sukabumi telah menetapkan status tanggap darurat.

“Pada saat tanggap darurat ini, pusat harus hadir memberikan bantuan. Paling tidak, masyarakat yang terdampak secara langsung bisa secepatnya teratasi. Kami pun akan rapat koordinasi untuk merumuskan langkah-langkah berikutnya,” ucapnya.

Apalagi, di penghujung 2023 hingga awal 2024 curah hujan akan sangat lebat. Khususnya di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Berdasarkan perkiraan BMKG curah hujan akan sangat lebat. Tentu saja kita memerlukan atau meningkatkan kesiapsiagaan bencana. Sehingga, pergerakan tanah yang terjadi beberapa hari lalu tidak terulang lagi,” ungkapnya.

Baca Juga:Harga Beras Terpantau TurunBelum Tetapkan Siaga Bencana Hidrometeorologi

Sementara itu, Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menyampaikan terima kepada Kepala BNPB yang telah mengecek langsung ke lokasi. Bahkan, telah memberikan bantuan sarana dan prasarana.

“Amanah ini akan kita salurkan untuk kepentingan mereka yang membutuhkan,” bebernya.

Berkaitan dengan bencana ini, Pemkab Sukabumi akan mengusulkan untuk melakukan pengkajian supaya mendapatkan rekomendasi penanganan bencana.

“Ketika ada rekomendasi yang mengharuskan relokasi, harus kita lakukan. Semua ini agar masyarakat bisa merasa aman dan nyaman,” pungkasnya. (mg3)

0 Komentar