Belasan KK Harus Mengungsi

Belasan KK Harus Mengungsi
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES- Sebanyak 12 kepala keluarga atau 39 jiwa warga terdampak gempa bumi 4,0 pada Jumat (8/12) di Desa Cipeuteuy Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi terpaksa harus mengungsi. Bangunan rumah mereka dinilai cukup berisiko seandainya masih ditempati.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan, menuturkan Desa Cipeuteuy merupakan wilayah cukup parah terdampak gempa bumi bermagnitudo 4,0 pada Jumat (8/12) dinihari. Di Desa Cipeuteuy, total ada 109 kepala keluarga atau 393 jiwa yang terdampak.

“Dari total jumlah KK yang terdampak gempa di Desa Cipeuteuy, sebanyak 12 KK sementara ini harus mengungsi,” kata Wawan, beberapa hari lalu.

Baca Juga:Sukabumi Kembali Diguncang Gempa, Sejumlah Bangunan Rumah Dilaporkan RusakUsulkan Mitigasi Bencana di Kelurahan Subangjaya

Gempa dangkal berkedalaman 5 kilometer pada Jumat (8/12) berpusat di Barat Daya Kota Bogor menimbulkan dampak di Kabupaten Sukabumi. Terutama di Kecamatan Kabandungan.

Hasil pendataan BPBD serta aparatur wilayah kecamatan setempat, terdapat lima wilayah yang terdampak getaran gempa. Wilayah itu yakni Desa Cipeuteuy, Cihamerang, Kabandungan, Mekarjaya, dan Tugu Bandung.

Di Desa Cipeuteuy terdapat 100 unit bangunan rumah warga yang terdampak. Rinciannya, 1 unit rusak berat, 60 rusak sedang, dan 39 unit rusak ringan.

Di Desa Cihamerang terdapat 43 unit rumah dengan kondisi rusak ringan, di Desa Kabandungan terdapat 21 rumah terdampak terdiri dari 8 rumah rusak sedang dan 13 rumah rusak ringan ditambah 1 bangunan fasilitas umum, di Desa Mekarjaya terdapat 16 unit bangunan rumah terdampak terdiri dari 1 rumah rusak berat, 1 rumah rusak sedang, dan 14 rumah rusak ringan, dan di Desa Tugu Bandung terdapat sebanyak 6 unit rumah terdampak terdiri dari 1 unit rusak sedang dan 5 unit rusak ringan.

“Total bangunan rumah yang terdampak gempa sebanyak 186 unit tersebar di lima desa. Terdiri dari rusak berat 2 unit, rusak sedang 40 unit, dan rusak ringan sebanyak 144 unit,” tutur Wawan yang merupakan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi.

Sementara jumlah warga korban terdampak dari 144 unit rumah terdata sebanyak 197 kepala keluarga atau 694 jiwa. Rinciannya, di Desa Cipeuteuy sebanyak 109 KK atau 393 jiwa, di Desa Cihamerang sebanyak 43 KK atau 154 jiwa, di Desa Kabandungan sebanyak 23 KK atau 80 jiwa, di Desa Mekarjaya sebanyak 16 KK atau 52 jiwa, dan di Desa Tugu Bandung sebanyak 6 KK atau 15 jiwa.

0 Komentar