Ketersediaan Pangan di Sukabumi Jelang Nataru Aman dan Stabil

Ketersediaan Pangan di Sukabumi Jelang Nataru Aman dan Stabil
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Pemkot memastikan ketersediaan pangan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) aman dan stabil. Hal ini dibuktikan dengan hasil Operasi Pangan Gabungan yang digelar tim gabungan dari unsur Forkopimda, DKP3, Diskumindag, Diskominfo, Satpol PP, Bagian Perekonomian, dan Dinkes Kota Sukabumi ke empat pasar di Kota Sukabumi pada Kamis (21/12) lalu.

Empat pasar yang menjadi lokasi operasi gabungan adalah Pasar Pelita, Superindo City Mall, Swalayan Yogya, dan Pasar Degung. Dalam operasi tersebut, tim gabungan melakukan pengecekan terhadap ketersediaan bahan pangan, seperti beras, daging, telur, dan sayur-mayur.

“Alhamdulillah dari empat objek yang saya kunjungi bersama tim, untuk stok kebutuhan pangan, yang merupakan kebutuhan paling mendasar bagi masyarakat kita, terjamin. Dari hasil pertanyaan kepada beberapa pedagang, stok cukup memadai untuk Nataru kali ini,” kata Kusmana Hartadji.

Baca Juga:Peningkatan Layanan Publik di Tingkat Kecamatan Harus DitingkatkanDelapan Unit Truk Pengangkut Pasir Besi Diamankan Polres Sukabumi

Kusmana Hartadji menyebutkan operasi pangan gabungan difokuskan mengawasi harga-harga kebutuhan pokok. Hasil pemantauan tercatat ketersediaan beras cukup, termasuk ketersediaan beras SPHP Bulog Rp. 10.500,-. Ketersediaannya cukup banyak. Termasuk-harga-harga yang memengaruhi inflasi –seperti cabai- saat ini mengalami penurunan harga.

Mudah-mudahan harga kebutuhan ini tetap stabil. Karena untuk pangan ini semakin hari, perhatian kita semakin besar, ya. Ini merupakan tugas kita dan pemerintah harus hadir untuk mengetahui. Kalau ada gejolak, kan kita akan cepat mengantisipasinya, apa saja yang harus kita lakukan,” tambahnya.

Tim gabungan juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap berbagai kebutuhan yang dijual di empat pasar tradisional dan modern. Hasil pengecekan oleh Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dapat dipastikan bahwa kebutuhan yang dijual di pasar-pasar Kota Sukabumi aman dari zat berbahaya.

” Kita juga mencoba memberikan edukasi kepada para penjual, agar tidak menggunakan bahan-bahan yang dilarang. Itu untuk kesehatan, ya. Karena kita juga punya tugas untuk melindungi masyarakat. Dinas Kesehatan sekaligus melakukan pengetesan pangan yang dijual. Kami ingin memastikan bahwa masyarakat Kota Sukabumi dapat memenuhi kebutuhan pangannya dengan baik menjelang Natal dan Tahun Baru,” kata Kusmana

Hasil operasi menunjukkan bahwa ketersediaan pangan di pasar-pasar Kota Sukabumi aman dan stabil. Pemkot Sukabumi pun memeriksa kesehatan terhadap berbagai kebutuhan yang dijual di pasar. Hasil pengecekan menunjukkan bahwa kebutuhan yang dijual di pasar-pasar aman dari zat berbahaya. (IST)

0 Komentar