Siap Pajaki Harga Orang Kaya, Ternyata Ini Tujuan Anies

Anies
Anies
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Anies Baswedan berencana untuk meningkatkan tarif pajak penghasilan (PPh) orang kaya di Indonesia, yang dimana hal ini merupakan salah satu janji kampanyenya dalam pemilihan presiden 2024.

Menurut Anies, pajak orang kaya perlu ditingkatkan untuk mengurangi ketimpangan pendapatan di Indonesia, serta ia juga berpendapat bahwa orang kaya memiliki kemampuan untuk membayar pajak yang lebih tinggi.

Sehingga hal ini akan membantu untuk membiayai pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Nah berikut ini terdapat beberapa alasan lengkapnya:

1. Mengurangi ketimpangan pendapatan.

Baca Juga:Respon Anies Baswedan Terkait Penangkapan Jubir Timnas AminFakta Menarik di Balik Penangkapan Jubir Timnas AMIN oleh kejaksaan

Indonesia merupakan salah satu negara dengan ketimpangan pendapatan yang tinggi. Menurut data Bank Dunia, rasio Indonesia pada tahun 2022 adalah 0,41, yang berarti bahwa 1% orang terkaya di Indonesia memiliki kekayaan yang setara dengan 41% orang termiskin.

Peningkatan pajak orang kaya dapat membantu untuk mengurangi ketimpangan pendapatan ini.

2. Meningkatkan penerimaan negara.

Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan utama negara, dimana peningkatan pajak orang kaya dapat membantu untuk meningkatkan penerimaan negara, guna membiayai pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

3. Menciptakan keadilan.

Pajak merupakan wujud dari keadilan sosial, karena orang kaya memiliki kemampuan untuk membayar pajak yang lebih tinggi, sehingga merekalah yang seharusnya lebih banyak berkontribusi kepada negara.

0 Komentar