Petir Sambar Rumah Warga

Petir Sambar Rumah Warga
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Hujan disertai petir pada Minggu (31/12) mengakibatkan bencana di Kabupaten Sukabumi. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu. Haya terdapat seorang yang mengalami pingsan.

Seperti dialami pasangan suami istri Jono dan Mela di Kampung Cipatuguran RT 04/21 Kecamatan Palabuhanratu. Bangunan rumah mereka hangus disambar petir sekitar pukul 14.00 WIB.

Saksi mata, Dindin (50), warga sekitar, mengatakan peristiwa terjadi saat wilayah Palabuhanratu sedang diguyur hujan yang cukup lebat. Saat kejadian pemilik sedang tak ada di rumah.

Baca Juga:Bencana Hidrometeorologi di Akhir TahunKawasan Pantai Palabuhanratu Dipadati Wisatawan

“Kondisi rumah yang tersambar mengeluarkan asap seperti ada yang terbakar,” katanya.

Sebelum menyambar rumah, kata Dindin, petir terlebih dahulu menyambar pohon kelapa. Akibat peristiwa ini, sejumlah perabotan rumah mengalami kerusakan, terutama barang-barang elektronik seperti kulkas, kipas angin, jaringan internet, sepeda, atap rumah dari asbes jebol, pintu jebol, dan kaca jendela pecah.

Kapolsek Palabuhanratu, AKP Roni Haryanto, mengatakan pada kejadian ini tidak memakan korban jiwa. Hanya peralatan rumah tangga sebagian hancur.

“Awalnya petir menyambar KWH listrik, terus merembet ke perabotan rumah tangga. Kami imbau masyarakat agar tetap waspada dan selalu berhati hati, saat ini hujan mulai mengguyur wilayah Palabuhanratu dan sekitarnya,” tandasnya

Sementara itu, seorang pedagang di Pantai Istana Presiden (IP) di Desa Citepus mengalami pingsan dan harus mendapat perawatan medis setelah mendengar suara petir yang menggelegar pada saat bersamaan.

Kasi Dokes Polres Sukabumi Aiptu Fahmi Yusah mengatakan, aparat kepolisian langsung mendatangi lokasi setelah mendapat laporan dari masyarakat.

“Informasi awal yang kita terima tersambar petir. Setelah dicek, ternyata yang bersangkutan kaget saat mendengar suara petir. Kami tetap berikan penanganan karena sempat pingsan. Alhamdulillah tak ada luka hanya kaget saja,” ujar Fahmi.

Baca Juga:Kasus Lakalantas TurunKomunitas Kejar Mimpi Sukabumi Tanamkan Gemar Menabung

Untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung pantai dan masyarakat pada libur pergantian tahun baru 2024, terang Fahmi, Dokes Polres Sukabumi fokus melakukan penjagaan di Pos Pengamanan wisata Pantai Ruang Terbuka Hijau (RTH) Citepus.

“Personel on call di Pos Pam Citepus Baladesa apabila ada kejadian yang membutuhkan kita. Termasuk kita pun sudah siapkan obat-obatan lengkap, terutama P3K apabila terjadi kecelakaan lalu lintas yang bisa kita tangani. Apabila tidak bisa ditangani kita rujuk ke puskesmas terdekat maupun rumah sakit,” tandasnya (mg3)

0 Komentar