Satu Rumah Rusak Terdampak Gempa

Satu Rumah Rusak Terdampak Gempa
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRESGempa bumi berkekuatan magnitudo 5,9 guncang Sukabumi sekitar pukul 07.53 WIB, kemarin (3/1). Sejumlah warga merasakan guncangan yang kuat meskipun hanya beberapa detik.

Rilis resmi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa M5,9 lokasi 7.57 Lintang Selatan 106.14 Bujur Timur atau 72 km Barat Daya Bayah, Banten, dengan kedalam 72 kilometer. Gempa yang berlokasi di laut ini tidak berpotensi tsunami.

Imas Masliah, warga Badak Putih, Palabuhanratu, mengatakan, saat guncangan gempa dia bersama keluarganya sedang makan bersama di dalam rumah. Merasakan guncangan gempa yang kuat ia dan keluarganya langsung berhamburan keluar rumah.

Baca Juga:Sebanyak 56 Anggota Polres Sukot Naik PangkatHarga Berbagai Bapokting masih Berfluktuasi

“Kaget, benar-benar kaget. Guncangannya kuat sekali. Bahkan Umi (ibu) sempat terjatuh saat lari keluar menuju lapangan. Warga yang lain juga berkumpul di lapangan,” ujar Imas, Rabu (3/1).

Manajer Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna, menjelaskan dampak gempa mengakibatkan satu rumah di Kampung Tangkil RT 10/08 Desa Cicareuh Kecamatan Cikidang mengalami kerusakan pada bagian dinding tembok rumah.

“Iya, itu dampak gempa Banten. Satu unit rumah rusak ringan. Tidak ada korban jiwa.Kerugian material masih dalam kajian. Saat ini warga bergotong royong membersihkan puing bangunan,” terang Daeng.

Sementara berdasarkan skala Modified Mercalli Intensity (MMI), BMKG menyebutkan wilayah dirasakan (Skala MMI) IV Surade, IV Sukabumi, III Pelabuhan Ratu, III Cianjur, III Panggarangan, III Lebak, III Garut, II-III Lembang, II-III Cimahi, II-III Bandung Barat, II Tangerang Selatan. (mg3)

0 Komentar