Lawan Stunting dengan Kampung KB

Lawan Stunting dengan Kampung KB
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi telah memiliki beberapa Kampung Keluarga Berkualitas atau Kampung KB. Wilayahnya tersebar di lima kelurahan.

Camat Lembursitu, Yudi Sutriana, mengatakan Kampung KB di wilayahnya berada di Kampung KB Cipanengah Merenah, Kampung KB Cikundul Unggul, Kampung KB Situmekar Kuncung, Kampung KB Lembursitu Simapasa, dan Kampung KB Sindangsari Amanah.

Belum lama ini kepengurusan setiap Kampung KB tersebut telah dikukuhkan pihak kecamatan dan Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Sukabumi.

Baca Juga:Seorang Remaja jadi Tersangka Kepemilikan Sajam IlegalSejumlah Rumah Rusak Akibat Gempa

“Tujuan didirikannya Kampung KB ini di antaranya adalah membentuk SDM yang unggul dan berkarakter. Terlebih, pembentukan Kampung KB ini juga untuk meningkatkan kualitas keluarga di lima kelurahan,” kata Yudi, belum lama ini.

Upaya mencapai tujuan tersebut, lanjut Yudi, beberapa program digulirkan di Kampung KB seperti rumah data kependudukan serta bina keluarga balita.

“Beberapa program kolaborasi di antaranya dengan kecamatan dan DP2KBP3A seperti dengan adanya rumah data kependudukan, bina keluarga balita, Posyandu, BKR, BKL, Karang Taruna, dan Dapur Sehat Anti Stunting,” ujarnya.

Pendirian Kampung KB tidak terlepas dari beberapa target yakni mencegah dan menurunkan angka prevalensi stunting, menurunkan jumlah penduduk miskin, dan meningkatkan indeks keluarga membangun. (ist)

0 Komentar