Perkuat Mitigasi Bencana di Kalangan Pelajar

Perkuat Mitigasi Bencana di Kalangan Pelajar
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi memberikan perhatian khusus kepada pelajar di sekolah tingkat madrasah untuk terlibat dalam upaya pengurangan risiko bencana. Hal itu mengingat kalangan pelajat merupakan salah satu kelompok rentan saat terjadi bencana.

Langkah itu diimplementasikan PMI Kota Sukabumi yang melakukan kerja sama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat. Penandatanganan kerja sama atau MoU dilaksanakan beebarengan dengan apel Hari Amal Bhakti ke-78 yang digelar Kemenag Kota Sukabumi, Rabu (3/1).

“Kerja sama ini bertujuan membangun dan memperkuat jaringan kerja serta kemitraan dalam rangka sinergi komitmen melaksanakan program-program kemanusiaan,” ujar Ketua PMI Kota Sukabumi, Fifi Kusumajaya.

Baca Juga:Mahfud MD tak Percaya Hasil Survei yang BeredarPusaran Rivalitas AS-Tiongkok Bawa Dampak ke Pilpres 2024

Salah satu bentuk kerja samanya terkait pemberdayaan satuan pendidikan aman bencana (SPAB) dan pembinaan Palang Merah Remaja (PMR).

PMI Kota Sukabumi terus berkomitmen memitigasi dan pengurangan risiko bencana untuk menyasar kelompok rentan seperti halnya  kalangan pelajar di tingkat madrasah.

Terlebih, saat ini PMI Kota Sukabumi ditunjuk PMI Pusat sebagai pusat unggulan (center of excellent) Pembinaan PMR dan Pemberdayaan SPAB Tingkat Utama.

“Program SPAB ini bertujuan untuk membangun budaya siaga dan aman di satuan pendidikan serta untuk meningkatkan kemampuan sumber daya di satuan pendidikan dalam menanggulangi dan mengurangi risiko bencana,” jelas Fifi.

Kepala Kantor Kemenag Kota Sukabumi, Samsul Puad, menyambut baik dan mengapresiasi kerja sama yang dibangun dengan PMI Kota Sukabumi.

Dia menjelaskan kerja sama ini merupakan salah satu komitmen Memenag kota Sukabumi untuk terus membangun kerja sama dan kemitraan dengan semua unsur, salah satunya dengan PMI Kota Sukabumi

“Melalui momentum Hari Amal Bhakti tahun ini kita memberikan perhatian khusus untuk melakukan pembinaan kepada siswa dan siswi di madrasah terkait kegiatan kepalangmerahan dan kesiapsiagaan bencana di madrasah,” terang Puad.

Baca Juga:Imam Sutrisno Resmi Jadi Ketua KPU Kota SukabumiGanjar tak Dilibatkan Ada Iklan Terbaru PDIP, Ada Apa?

Apel Hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama tingkat Kota Sukabumi tahun ini dipusatkan di MAN 2 Kota Sukabumi. Kegiatan dihadiri Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji, unsur Forkopimda, serta tamu undangan di lingkungan Kementerian Agama kota Sukabumi.

0 Komentar