Antisipasi Kasus DBD dan Chikungunya dengan Fogging dan PHBS

Antisipasi Kasus DBD dan Chikungunya dengan Fogging dan PHBS
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Pemerintah Desa (Pemdes) Mangkalaya, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi melakukan fogging untuk mencegah berkembangnya Nyamuk Aedes Aegypti sebagai penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Desa Mangkalaya Riva Anistriani melalui Kasi Kesejahteraan Desa Mangkalaya Irfan mengatakan, dalam foging tersebut pihaknya dibantu Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Karangtaruna Jaya Desa Mangkalaya.

“Kami melakukan Fogging ini setelah ada laporan warga Mangkalaya yang terkena virus DBD dan Chikungunya. Fogging dilaksanakan selama dua hari difokuskan di titik titik yang rawan di setiap RW se-Desa Mangkalaya,” ujarnya pada Selasa (09/01/2024).

Baca Juga:Ruas Jalan Kampung Cipicung Desa Cibolang Dirabat Beton Dinas PerkimMuhamadiyah Diminta Perkuat Kolaborasi dalam Pembangunan Daerah

Masih kata Irfan, pihaknya juga menginstruksikan kepada seluruh warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, melakukan PHBS, membersihkan selokan yang tersumbat, membuang air yang menggenang dan lain sebagainya.

“Fogging tersebut murni inisiatif Pemdes dibantu Karangtaruna. Sebetulnya kami sudah mengajukan bantuan kepada pihak Puskesmas, namun karena keterbatasan anggaran kami putuskan untuk melakukannya secara swadaya,” bebernya.

Ia berharap, melalui pelaksanaan foging dapat menjadi solusi untuk menekan angka positif DBD.

”Mudah-mudahan warga Desa Mangkalaya terbebas dari wabah DBD,” pungkasnya (IST/SZ)

0 Komentar