Ayo Waspada! WHO Prediksi Akan Ada Penyakit X Menyerang Dunia

WHO Penyakit X
WHO Penyakit X
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Ramai guncang publik, pasalnya pada tanggal 18 Januari 2024 kemarin, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan dunia untuk bersiap menghadapi Penyakit X atau penyakit tak dikenal.

Diketahui, WHO menyebut Penyakit X sebagai ancaman kesehatan masyarakat global yang belum diketahui, tetapi memiliki potensi untuk menyebabkan pandemi berbahaya.

WHO memperkenalkan istilah Penyakit X pada tahun 2018 untuk menggambarkan penyakit yang tidak diketahui. Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO, mengatakan bahwa Penyakit X “hanya soal waktu, bukan jika” akan terjadi.

Baca Juga:Review Film No Escape, Tontonan Bioskop Trans TV Malam IniTayang Malam Ini! Sinopsis Hostile beserta Fakta-Fakta Menariknya

WHO telah mengidentifikasi beberapa faktor yang meningkatkan risiko terjadinya Penyakit X, antara lain:

-Geografi: Penyakit X dapat berasal dari mana saja di dunia, termasuk dari daerah yang terpencil.

-Perubahan iklim: Perubahan iklim dapat menciptakan lingkungan yang lebih menguntungkan bagi patogen baru.

-Perdagangan dan perjalanan internasional: Perdagangan dan perjalanan internasional dapat menyebarkan patogen baru ke seluruh dunia.

WHO menyerukan kepada negara-negara untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap Penyakit X, dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko terjadinya pandemi. Langkah-langkah tersebut antara lain:

1. Meningkatkan sistem surveilans kesehatan: Sistem surveilans kesehatan yang kuat dapat membantu mendeteksi penyakit baru dengan cepat.

2. Meningkatkan kapasitas laboratorium: Laboratorium yang kuat diperlukan untuk menganalisis patogen baru dan mengembangkan vaksin dan obat-obatan.

Baca Juga:Cuma 30K! Ini Keseruan Wisata Cikao Park Purwakarta beserta FasilitasnyaSkema Cicilan Kredit Terbaru Honda PCX 160 2023 Tahun Ini

3. eningkatkan kesiapsiagaan masyarakat: Masyarakat perlu dididik tentang Penyakit X dan bagaimana cara melindungi diri darinya.

WHO juga menyerukan kepada negara-negara untuk bekerja sama untuk mengatasi ancaman Penyakit X, dimana kerja sama internasional diperlukan untuk berbagi informasi dan sumber daya, serta untuk mengembangkan strategi global untuk menghadapi Penyakit X.

0 Komentar