Satu Orang Nelayan masih Hilang

Satu Orang Nelayan masih Hilang
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Kapal nelayan yang sedang mencari ikan di Laut Ujunggenteng Tengah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat dihantam ombak hingga karam mengakibatkan empat nelayan terombang-ambing di perairan laut Samudera Hindia. Dari empat nelayan tersebut tiga orang berhasil diselamatkan namun satu lagi masih hilang.

“Dari empat nelayan tersebut tiga orang berhasil diselamatkan, namun satu lagi hilang dan sampai saat ini masih dalam pencarian,” Kasat Polairud Polres Sukabumi AKP Tenda Sukendar di Sukabumi, Senin (22/1).

Informasi yang dihimpun dari pihak Satpolairud Polres Sukabumi menyebutkan, empat nelayan asal Desa Ujunggenteng Kecamatan Ciracap yang diketahui bernama Deden (27), Hadsur (54), Deris (43), dan Sulaeman (33) berlayar dari Pantai Ujunggenteng untuk mencari ikan di tengah perairan laut Samudera Hindia, tepatnya di koordinat 07 – 41 -91 -S /107 -19 -08 E.

Baca Juga:Penerimaan Retribusi Limbah Tinja TercapaiKecamatan Lembursitu Berharap Usulan Prioritas Direalisasikan

Kapal Motor dengan nama lambung HDR itu berangkat pada Jumat (19/1) pagi. Awalnya cuaca dari tempat pemberangkatan sampai titik koordinat tersebut cukup cerah.

Namun, sekitar pukul 15.00 WIB cuaca di tengah laut berubah menjadi buruk.

Angin kencang disertai hujan deras ditambah gelombang laut menyebabkan nakhoda, yakni Hadsur kesulitan mengendalikan kapalnya. Tidak lama datang gelombang tinggi yang langsung memporakporandakan kapal motor tersebut.

Nakhoda dan tiga anak buah kapal (ABK) pun langsung berhamburan melompat ke laut dan terbawa hingga ke perairan laut wilayah Lampung.

Selama terombang-ambing di tengah laut, para nelayan ini hanya bisa bertahan untuk hidup dengan menggunakan pelampung dan memeluk styrofoam, kayu, dan barang-barang yang bisa mengambang.

Tiga korban yakni Hadsur, Deris, dan Sulaeman berhasil bersatu kembali, sementara Deden terpisah dari rekan-rekannya. Para nelayan ini mencoba menepi ke darat dengan sisa tenaganya, namun tidak berhasil karena kondisi gelombang yang tinggi.

Kemudian, di tengah harapan yang tidak menentu, melintas KM MV Martha Baruna dari PT Bahtera Adhiguna di perairan Laut Lampung pada Sabtu (20/1) sekitar pukul 17.00 WIB. Ketiga korban pun berhasil dievakuasi ke atas kapal, namun sayang Deden hilang di tengah Samudera Hindia.

Baca Juga:Polisi Imbau Penjual Knalpot tak Jual Produk SembaranganPj Wali Kota Sukabumi Ajak Masyarakat Citamiang Bangun Kota yang Inklusif dan Berkelanjutan

“Ketiga korban yang berhasil diselamatkan sudah pulang ke kampung halamannya, untuk saat ini kami bersama tim SAR gabungan dari Kabupaten Sukabumi yang berkoordinasi dengan tim SAR di Lampung Selatan masih melakukan pencarian terhadap satu korban yang hilang pasca-kejadian,” katanya.

0 Komentar