Musim Hujan Telah Tiba, Simak Beberapa Tips Dari PLN UP3 Sukabumi Untuk Mengamankan Listrik Saat Musim Hujan

Musim Hujan Telah Tiba, Simak Beberapa Tips Dari PLN UP3 Sukabumi Untuk Mengamankan Listrik Saat Musim Hujan
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Sebagian besar di Wilayah Sukabumi saat ini mulai memasuki musim penghujan terlihat dari meningkatnya intensitas curah hujan beberapa hari ini, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sukabumi sebagai perusahaan penyedia listrik ingin berbagi beberapa tips kepada masyarakat untuk mengamankan listrik selama musim hujan. Musim hujan seringkali menyebabkan gangguan dan menimbulkan bahaya pada jaringan listrik, namun dengan langkah-langkah yang tepat, kita dapat mengurangi risiko terjadinya bahaya dan gangguan tersebut.

Berikut adalah beberapa tips yang disarankan oleh PT PLN (Persero) UP3 Sukabumi:

1.⁠ ⁠Pastikan instalasi listrik anda dalam kondisi baik: Periksa dan pastikan semua kabel, stop kontak, dan peralatan listrik lainnya dalam kondisi yang baik. Jika ditemukan kerusakan, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.

Baca Juga:Ingin Tahu Perkiraan Tagihan Listrik? Yuk Catat Meter Mandiri Penggunaan Listrik Lewat PLN MobileSambut Bulan K3 Nasional, PLN UP3 Sukabumi Gelar kegiatan Donor Darah

2.⁠ ⁠Hindari penggunaan peralatan listrik yang berlebihan: Selama musim hujan, daya listrik seringkali tidak stabil. Hindari menggunakan peralatan listrik yang tidak diperlukan secara bersamaan untuk menghindari beban listrik yang berlebihan.

3.⁠ ⁠Gunakan peralatan listrik yang tahan air: Pastikan semua peralatan listrik yang digunakan di luar ruangan atau di dekat area yang rentan terkena air sudah tersertifikasi SNI. Hal ini akan membantu mencegah risiko kebakaran atau korsleting listrik.

4.⁠ ⁠Matikan peralatan listrik saat hujan deras: Jika hujan deras atau terjadi petir, sebaiknya matikan semua peralatan listrik yang tidak diperlukan. Hal ini akan membantu menghindari risiko kerusakan peralatan elektronik akibat petir.

5.⁠ ⁠Jauhkan tangan basah dari arus listrik: Selama musim hujan, pastikan untuk tidak menyentuh peralatan listrik atau sakelar dengan tangan basah. Hal ini penting untuk menghindari risiko tersengat listrik atau korsleting.

Yuniar Budi Satrio, selaku Manager PT PLN (Persero) UP3 Sukabumi menanggapi “Saya berharap dengan tips yang sudah kami sampaikan dapat membantu masyarakat terhindar dari bahaya kelistrikan di musim hujan ini, dan kami akan terus berupaya untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Wilayah Sukabumi.”

Ditemui di lokasi lain, Susiana Mutia General Manager PLN UID Jawa Barat berharap dengan mengikuti tips-tips di atas, sehingga masyarakat dapat menjaga keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan listrik selama musim hujan. Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang membutuhkan layanan kelistrikan maupun melakukan pengaduan gangguan kelistrikan bisa melapor melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore dan AppStore. (*)

0 Komentar