Kurangi Volume Sampah, TPS3R Cisarua Kembali Beroperasi

0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) Cisarua di Kecamatan Cikole Kota Sukabumi kembali beroperasi setelah bertahun-tahun tidak aktif. Dengan begitu, penanganan sampah rumah tangga di wilayah tersebut bisa tertangani.

Koordinator TPS3R Kota Sukabumi Asep Juhadi mengatakan, TPS3R Cisarua merupakan salah satu prototipe (percontohan) Pemkot Sukabumi untuk pengurangan volume pembuangan sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Alhamdulillah, saat ini TPS3R Cisarua sudah mulai beroperasi kembali. Semoga bisa menjadi solusi untuk pengurangan volume pembuangan sampah ke TPA,” ujar Asep kepada wartawan, kemarin (9/2).

Baca Juga:Harga Telur Ayam NaikLima Ormas di Kota Sukabumi Siap Pilih Paslon 03 Ganjar-Mahfud

Berdasarkan data, volume sampah di Kelurahan Cisarua mencapai 6 ton per pekan. Sampah tersebut dibuang langsung seluruhnya ke TPA.

“Makanya, dengan kembali aktifnya TPS3R Cisarua ini tentunya akan ada aktivitas kembali pada proses pemilahan sampah sebelum dibuang ke TPA Kota Sukabumi. Selain itu, juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi anggota TPS3R Cisarua,” jelas Asep.

Saat ini Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang mengelola TPS3R Cisarua sudah dilantik. Mereka sudah mengantongi SK yang diterbitkan tahun lalu.

 “Harapannya bisa menjadi percontohan bagi masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah rumah tangga di tempat masing-masing,” imbuhnya.

Ketua KSM TPS3R Kelurahan Cisarua, Teguh Hendrawan, berharap ke depan bisa mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Sukabumi. Terutama, dari segi pemenuhan sarana prasarana yang masih sangat kurang.

“KSM TPS3R Cisarua memiliki delapan orang anggota. Semangat kami, semoga ini bisa menjadi percontohan bagi masyarakat sekitar untuk bisa melakukan pemilahan sampah sebelum dibuang ke TPA,” katanya.

Sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan TPS3R Cisarua sudah diajukan ke Pemkot Sukabumi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat. Dia berharap bisa direalisasikan dalam waktu dekat.

Baca Juga:Oleh-oleh Khas Nusantara Kini Ada di Vending Machine Terminal 3 SoettaPolisi Kawal Pendistrbusian Bilik Suara ke PPK

“Kebutuhanya cukup banyak, mulai dari mesin pencacah kompos organik serta timbangan sampai kendaraan motor sampah. Mudah-mudahan bisa terwujud keinginan kami,” ucap Teguh.

Saat ini TPS3R Cisarua sudah mulai melakukan pemilahan sampah yang telah dikumpulkan dari masyarakat sekitar. Hasil pemilihan sampah tersebut bekerja sama dengan Bank Sampah Sukabumi Cikondang (Basmici).

0 Komentar